Sukses

Quraish Shihab: Jangan Pernah Beranggapan Perbedaan Adalah Pertentangan

Alquran bahkan menghendaki umatnya beragam.

Liputan6.com, Jakarta - Keragamam dan perbedaan adalah kehendak Tuhan. Alquran bahkan menghendaki umatnya beragam. Hal ini diungkap oleh ahli tafsir sekaligus Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab, Minggu (19/5/2019).

"Kalau Alquran menghendaki keragaman, maka sebenarnya karena hikmah yang dikehendaki Allah SWT memberikan umatnya pada pilihan-pilihan yang sesuai dengan hasil pemikiran yang cerdas," ucap Quraish Shihab.

Lantas, seperti apakah hasil dari pemikiran yang cerdas itu? Menurut mantan menteri agama ini, pemikiran tersebut bisa berasal dari diri manusia itu sendiri maupun ulama dan para cendikiawan. 

Untuk itu, jangan pernah beranggapan perbedaan adalah pertentangan. Untuk menghilangkan anggapan tersebut, Quraish mengajak seluruh umat untuk hidup berdampingan meski berbeda.

"Mari kita mensyukuri keragaman, mari kita bekerjasama. Meski kita berbeda-beda selama tujuan kita kedamaian dunia," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.