Ramadan Bisa Memotivasi Para Pemain Sepak Bola

Oleh Luthfie Febrianto pada 19 Mei 2019, 16:45 WIB
Pemain Terbaik Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Asosiasi Pesepakbola Muslim, Islam Momani berpendapat, Ramadan bisa menjadi motivasi ampuh bagi para pemain. Meskipun, ada beberapa pemain muslim yang memilih tidak berpuasa Ramadan demi menjaga kondisi tubuh.

'Itu memberikan mereka kekuatan mental yang bisa memainkan peran penting yang membaut mereka mengatasi tantangan fisik," ujar Momani seperti dilansir Bleacher Report.

Momani mengakui, berpuasa Ramadan bagi para pemain sepak bola bisa begitu menantang. Maklum, sepak bola adalah olahraga yang sangat menguras tenaga.

Namun demikian menurutnya, Ramadan justru bisa membantu para pemain untuk fokus. "Tentu saja Ramadan bisa menjadi menantang bagi para pemain muslim," kata Momani.

"Akan tetapi, aspek spiritual dan mental dalam banyak hal, menginspirasi dan memotivasi para pemain dengan cara membuat mereka lebih fokus," ujarnya menambahkan.

Di Eropa, tak sedikit pemain muslim yang harus tetap bermain saat bulan Ramadan. Di Liga Inggris misalnya, ada nama Sadio Mane dan Mohamed Salah dari Liverpool. Selain keduanya, ada juga Mesut Ozil, Shkodran Mustafi (Arsenal), dan Paul Pogba (Manchester United),

Saksikan video menarik di bawah ini

 

2 of 2

Aksi Mohamed Salah

Lanjutkan Membaca ↓