Ketika Warga Tionghoa Bagi-Bagi Takjil Kepada Umat Muslim di Medan

Oleh Reza Efendi pada 19 Mei 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2019, 12:00 WIB
Warga Tionghoa bagi-bagi takjil di Medan (Istimewa)
Perbesar
Warga Tionghoa bagi-bagi takjil di Medan (Istimewa)

Liputan6.com, Medan - Suasana teduh nan menyejukkan hati terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara. Suasana ini tercermin saat aksi berbagi takjil atau panganan berbuka puasa yang dilakukan oleh sejumlah organisasi Tionghoa kepada umat muslim yang melintas di kawasan Lapangan Merdeka Medan.

Sejumlah organisasi Tionghoa tersebut terdiri dari Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sumut, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumut, Medan, Kecamatan, dan Kelurahan. Mereka membagikan sebanyak 3.000 paket takjil Ramadan.

Ketua IPTI Sumut, Edy Susanto mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil tersebut mereka lakukan sebagai wujud toleransi terhadap umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Kegiatan seperti ini rutin mereka laksanakan sejak 2016. 

"Takjil kita bagi-bagikan ke pengendara dan masyarakat yang melintas. Semoga yang kita berikan bermanfaat bagi mereka," kata Edy didampingi Sekretaris IPTI Sumut, Hengky Cong, Sabtu (18/5/2019).

Edy menjelaskan, kegiatan bakti sosial bagi-bagi takjil Ramadan yang mereka lakukan juga didukung oleh sejumlah pihak seperti Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dan juga Nahdlatul Ulama (UN) Sumut.

"Kedepan, kegitan seperti ini rutin kita lakukan untuk terus meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama," jelasnya.

Penjabat Ketua PSMTI Kota Medan, sekaligus bakal calon Ketua PSMTI Medan, Johan Tjongiran menambahkan, kegiatan berbagi takjil Ramadan berangkat dari kesadaran bersama untuk meningkatkan rasa solidaritas antar etnis, suku, dan agama. Cara yang mereka lakukan adalah dengan berbagi kepada warga yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini takjil yang dibagikan jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya, yakni 3.000 paket takjil. Selain itu, mereka merencanakan pada 30 Mei 2019 mendatang akan kembali dilakukan pembagian takjil secara serentak yang dilakukan oleh pengurus kecamatan di daerah masing-masing.

"Selain bagi-bagi takjil, kita juga serahkan perlengkapan salat berupa sarung, sajadah, dan mukenah kepada pengurus NU Sumut," ungkapnya.

Humas PSMTI Sumut, Kundjung SH menyebut, kegiatan berbagi takjil yang mereka lakukan dinilai akan lebih tepat sasaran. Para pengguna jalan yang melintasi kawasan Lapangan Merdeka Medan, lokasi pembagian takjil, terlihat antusias dan senang ketika menerima menu berbuka puasa tersebut.

"Kita mendukung segala kegiatan yang sifatnya positif seperti ini. Ke depan, kegiatan seperti ini akan terus kita laksanakan," Kundjung menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini: