Sukses

Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Martabak Crispy dan Bebek Peking di Yogyakarta

Dua menu itu menjadi favorit sat berbuka puasa di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Martabak Crispy dan Bebek Peking adalah dua jenis menu yang sepintas tidak ada benang merahnya. Namun, jika memutuskan untuk berbuka puasa di Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta, barulah tampak korelasi kedua jenis makanan itu.

Hadir sebagai dua dari 200 menu berbuka puasa di Hotel Harper Mangkubumi, martabak crispy dan bebek peking menjadi idola para tamu. Antrean mengular. Mereka ingin menjadi yang pertama mencicipi menu khas Harper Mangkubumi pada bulan Ramadan.

Sepintas bentuk martabak crispy sama dengan martabak kebanyakan. Akan tetapi, ketika dicicipi barulah terasa, martabak crispy memiliki tekstur kulit yang lebih tipis dan kering.

 

Jika didiamkan dan dimakan dalam keadaan dingin pun akan tetap terasa renyah. "Martabak di Harper Mangkubumi lebih crispy karena adonan kulitnya dicampur susu, itu yang bikin renyah begitu terasa," ujar Agus Prastyo Executive Sous Chen Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, Jumat (17/5/2019).

Demikian pula dengan bebek peking yang disajikan. Aroma amis bebek yang dipanggang ini sama sekali tidak tercium.

Agus membagikan cara pembuatan bebek peking. Bebek mentah diisi dengan rempah-rempah, lalu disiram dengan air merah. Air merah terbuat dari tofu merah, angkak, anistar, dan rempah-rempah jawa.

Lalu bebek digantung di tempat terbuka seharian penuh. Setelah itu bebek diolah dengan cara dipanggang. Selama bulan Ramadan, ia menyiapkan 10 ekor bebek per hari.

"Tujuan dari digantung, supaya minyak keluar dan pori-pori terbuka, serta bumbu meresap, jadi aroma amis bebek digantikan bau rempah-rempah," kata Agus.

Bebek peking disajikan dengan hoisin sauce yang dicampur dengan plus sauce dan orange marmalade. Hasilnya, saus yang bercita rasa manis, asam, dan gurih. Apalagi disantap saat berbuka puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbuka Puasa Sambil Beramal

Bebek peking dan martabak crispy bisa dinikmati dengan membayar Rp. 100.000 nett per pax. Selain dua menu itu, Hotel Harper Mangkubumi juga menyediakan ratusan menu lain yang disukai segala jenis usia.

Sebut saja, mie ayam goreng, homemade lamien, pempek, berbagai macam carving menu seperti beef, chicken dan whole fish, tidak ketinggalan aneka kurma, aneka es buah, aneka kolak dan cotton candy yang selalu menjadi idola tamu cilik.

Hidangan itu bisa disantap di Rustik Bistro And Bar Harper Mangkubumi setiap hari mulai pukul 17.30 sampai 20.30 WIB.

Menyantap berbuka puasa dengan aneka menu lezat ternyata tidak lantas melupakan kaum duafa. Setiap Rp 5.000 dari tamu yang santap berbuka puasa di tempat ini akan didonasikan melalui yayasan atau panti asuhan.

Bagi yang ingin berbuka puasa bersama dengan kolega atau keluarga disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi 0274 – 2920008.

Selain program berbuka puasa, Harper Mangkubumi Yogyakarta juga mempunyai program Ramadan Staycation, yaitu menginap di Hotel Harper Mangkubumi dengan harga Rp 588.000 per malam.

Reporter: Switzy Sabandar

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.