Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Minggu 19 Mei 2019 di Indonesia Beserta Doanya

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Minggu 19 Mei 2019.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Minggu 19 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Maka tidak heran, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan membutuhkan jadwal buka puasa setiap harinya. Tentunya, hal ini berguna sebagai patokan untuk waktu berbuka yang jatuh tepat setiap azan Magrib tiba.

Ya, kamu bisa membatalkan puasa setelah mendengar tanda berupa panggilan untuk berbuka misalnya azan Magrib. Namun tanda panggilan buka puasa di setiap daerah pun juga berbeda-beda, ada yang menggunakan tanda khusus atau cukup hanya dengan panggilan azan Magrib saja.

Oleh karena itu, segala pihak yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan perlu mengetahui dan memahami perbedaan jadwal puasa, terutama di daerah tempat tinggalmu. Sebisa mungkin kamu mencari informasi tentang jadwal buka puasa setiap harinya, khususnya untuk hari ini Minggu 19 Mei 2019.

Kini sudah banyak media yang selalu memberikan informasi seputar jadwal buka puasa setiap harinya. Untuk itu, kini Liputan6.com, Minggu (19/5/2019) telah menyiapkan beberapa jadwal buka puasa hari ini Minggu 19 Mei 2019 di kota-kota besar di Indonesia yang bisa kamu jadikan patokan. Telah dirangkum dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, ini jadwal buka puasa hari ini Minggu 19 Mei 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Minggu 19 Mei 2019

Berikut jadwal buka puasa hari ini Minggu 19 Mei 2019, 14 Ramadan 1440 H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Yogyakarta: 17.31 WIB

Semarang: 17.31 WIB

Aceh: 18.50 WIB

Padang: 18.20 WIB

Jambi: 18.07 WIB

Medan: 18.34 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Balikpapan: 18.14 WITA

Denpasar: 18.10 WITA

Makassar: 17.58 WITA

Ambon: 18.25 WIT

Bima: 17.56 WITA

Kupang: 17.34 WITA

Jayapura: 17.37 WIT

3 dari 3 halaman

Doa Buka Puasa Ramadan

Terdapat dua versi doa puasa ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa ini sudah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga sering mendengarnya di televisi maupun di radio, saat waktu berbuka tiba. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa Ramadan satu ini.

Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan adzan Maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap sajian buka puasa yang tersedia. Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa Ramadan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud).

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa buka puasa Ramadan tersebut. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung membatalkan puasasetelahnya. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan, ya. Makanlah secukupnya karena yang berlebihan itu selalu tidak baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.