Sukses

Rekomendasi Menu Buka Puasa Saat Diet

Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentu ada banyak menu makanan yang kita idamkan untuk disantap saat berbuka puasa nanti.

Liputan6.com, Jakarta Meski sedang berbuka puasa, bukan berarti Anda perlu meninggalkan program diet yang sedang dilakukan. Namun ada beberapa hal perlu diperhatikan, salah satunya saat berbuka puasa .

Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentu ada banyak menu makanan yang kita idamkan untuk disantap saat berbuka puasa nanti. Tidak jarang hal ini membuat kita kalap menyantap semua menu yang ada ketika waktu berbuka tiba.

Dalam penelitian secara ilmiah, terbukti bahwa puasa ramadan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kita menunaikan ibadah puasa, maka seluruh racun yang terdapat di dalam tubuh akan keluar. Proses ini disebut dengan detoksifikasi.

Mari kita bahas sedikit lebih dalam tentang dampak positif menunaikan ibadah puasa bagi kesehatan. Sel-sel tubuh kita memperoleh makanan dari darah, sedangkan darah memperolehnya dari usus. Usus menyerap makanan dari setiap zat yang kita konsumsi. Jika ada racun dalam saluran usus, racun akan terserap dan ikut beredar bersama darah ke setiap sel-sel tubuh. Dengan kata lain, ketika menahan nafsu makan ketika menjalani ibadah puasa, maka penyebaran racun akan berkurang atau bahkan berhenti.

Akan tetapi, berpuasa juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lo. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pola makan yang berubah dan kecenderungan mengonsumsi makanan manis yang berlebihan.

Nah, di artikel kali ini akan membahas tentang rekomendasi menu berbuka puasa untuk Anda yang ingin menjaga berat badan. Simak ulasan di bawah, seperti dikutip dari TunaiKita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Buka Puasa untuk Diet yang Bisa Anda Ikuti

1. Kombinasikan Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Tips menu buka puasa yang pertama yaitu minumlah air putih sebanyak yang Anda mampu saat berbuka puasa. Namun, jangan terlalu berlebihan agar perut tidak terasa kembung. Saat buka puasa adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah seharian tidak mendapat asupan cairan.

Untuk menu makanannya, Anda bisa siapkan makanan yang memiliki sumber karbohidrat kompleks yang baik. Makanan yang bisa dijadikan sumber karbohidrat komplek yaitu kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah. Serta biji-bijian seperti gandum atau beras merah.

2. Ikan Sebagai Menu Buka Puasa

Anda bisa mengkonsumsi ikan sebagai menu buka puasa untuk program diet yang sedang dijalankan. Pilih salah satu jenis ikan yang bisa disantap sebagai buka puasa yang lezat. Tidak hanya lezat, ikan juga sangat baik untuk kesehatan, lo!

Anda bisa menggunakan ikan salmon dan ikan tuna, karena kedua jenis ikan ini mengandung omega 3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Karena saat ini Anda sedang diet, cara mengolah dan memasak ikan perlu diperhatikan. Sebaiknya masak ikan dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar. Hindari memasak ikan dengan cara digoreng, ya.

3. Daging Sapi

Banyak orang yang berpendapat bahwa ketika sedang menjalankan diet, terutama diet penurunan berat badan, harus menghindari mengkonsumsi daging sapi. Padahal, tidak masalah mengkonsumsi daging sapi asal dengan porsi yang tepat.

Hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan jenis daging sapi yang ingin dikonsumsi. Hindari memilih dan mengkonsumsi daging sapi yang berlemak.

Selain itu, Anda bisa memilih cara pengolahan dengan cara dibakar atau dipanggang dijadikan steak. Pilihan lainnya, Anda bisa mengolah daging sapi tersebut untuk dijadikan soto atau rawon. Ini akan menjadi menu berbuka puasa yang lezat.

4. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Menghindari nasi putih menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang diet. Karena nasi putih lebih cepat dicerna tubuh dan mengandung kalori yang sangat tinggi yang dapat menaikkan glukosa dalam darah.

Sebagai gantinya, gunakan nasi merah sebagai hidangan pokok menu buka puasa untuk program diet Anda. Di dalam nasi merah sendiri mengandung sumber karbohidrat komplek dan lebih lama dicerna oleh tubuh. Sehingga jika dikonsumsi nasi merah akan merasakan kenyang yang lebih lama.

Sebenarnya ada yang lebih baik dari nasi merah yaitu nasi hitam. Nasi hitam jauh lebih tinggi serat dan karbohidrat dibandingkan dengan nasi merah, lo! Tentu harganya pun jauh lebih mahal dari nasi merah. Kombinasikan nasi merah atau nasi hitam dengan lauk yang sehat, agar tubuh tetap bugar selama menjalankan puasa dan diet semakin maksimal.

3 dari 3 halaman

5. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sarat akan mengandung lemak yang tinggi. Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan yang digoreng sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalankan diet.

Hindari ma

kanan yang digoreng sebagai menu berbuka puasa, karena saat berpuasa pola makan dan istirahat akan berubah.

Tahukah Anda, makanan yang digoreng akan membuat cepat mengantuk? Mengapa? Karena, ketika kita menyantap gorengan, maka ikatan oksigen dalam tubuh akan berkurang hingga 20 persen. Untuk itu, hindari makanan yang digoreng, ya!

6. Konsumsi Makanan yang Berserat

Makan makanan yang berserat sangat dianjurkan, makanan yang mengandung serat tinggi baik untuk kesehatan tubuh dan juga pencernaan. Makanan sumber serat terbaik dapat Anda temukan pada buah dan sayur.

Untuk Anda yang sedang diet, jangan sampai melewatkan sayur dan buah sebagai menu buka puasa untuk diet. Anda bisa menyantap buah dan sayur sebagai hidangan pembuka, seperti takjil atau salad. Selain itu, sayur bisa dijadikan sebagai lauk yang sehat untuk menu buka puasa. Nah, selesai tarawih Anda bisa menikmati buah segar favorit.

7. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Santan

Makanan yang mengandung santan juga tidak boleh dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Karena di dalam santan mengandung lemak yang tinggi dan dapat menaikkan kadar kolesterol. Jika kolesterol meningkat, itu akan turut menaikkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah.

Biasanya, makanan bersantan bisa Anda temui sebagai takjil, seperti kolak. Menyantap kolak sebagai takjil untuk membatalkan puasa memang sangat nikmat. Namun, Anda harus menghindari kolak jika sedang dalam menjalankan program diet.

Tidak hanya itu, menu favorit di bulan Ramadhan yaitu opor ayam pun sebaiknya dihindari. Makan-makanan lain yang mengandung lemak, pedas dan santan juga harus dihindari, ya!

8. Hindari Minuman Bersoda

Minum soda memang sangat segar apalagi menghilangkan dahaga setelah seharian menahan haus dan lapar. Namun, minum soda sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalankan diet.

Minuman bersoda dan minuman kemasan lainnya banyak mengandung kalori yang tinggi. Sedangkan, saat diet Anda harus mengurangi asupan kalori sehari-hari.

9. Say No to Junk food

Tidak jarang kita masih berada di luar atau di tengah-tengah perjalanan pulang ketika waktu berbuka puasa tiba. Makanan cepat saji akan begitu menggoda, bukan? Akan tetapi, jenis makanan seperti ini tidak baik untuk kelangsungan diet.

Hal ini dikarenakan, makanan cepat saji atau junk food mengandung banyak lemak dan natrium yang sangat tinggi, baik itu ayam goreng, hamburger, atau bahkan kentang goreng. Untuk itu, hindari junk food, ya!

Makan Sehat Bikin Tubuh Bugar saat Puasa

Tidak hanya karena diet, makan makanan yang sehat dan kaya akan serat harus diterapkan dengan konsisten. Selain membantu menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan sehat juga bisa membuat tubuh bugar selama puasa.

Menjaga kesehatan saat puasa sangat penting agar puasa lancar tanpa ada halangan apapun. Selain makan makanan sehat, jangan lupa juga untuk minum vitamin, ya. Semangat berpuasa!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini