Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 18 Mei 2019 Dan Cara Mengendalikan Lapar Saat Puasa

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Mei 2019, 07:40 WIB
buka puasa

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 18 Mei 2019 berbeda di tiap daerahnya. Meski hanya selisih beberapa menit, penting untuk mengetahui jadwal buka puasa hari ini Sabtu 18 Mei 2019 yang tepat. Dengan mengetahui jadwal buka puasa yang tepat, Anda dapat menyegerakan berbuka sesuai yang telah disunahkan Rasulullah. 

Sudah banyak cara untuk mengecek jadwal buka puasa. Mulai dari aplikasi ponsel hingga berbagai media online. Dengan begitu tak ada alasan lagi untuk telat berbuka. Usai menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari, berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu.

Saat berpuasa, tubuh harus menahan lapar dan haus selama seharian. Meski sebelumnya sudah melakukan santap sahur, terkadang rasa lapar saat puasa masih menghampiri. Rasa lapar ini lantas sering mengurangi tingkat konsentrasi. Akibatnya seringkali aktivitas sehari-hari bahkan ibadah menjadi terganggu. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara mengendalikan rasa lapar saat berpuasa.

Berikut jadwal buka puasa hari ini Sabtu 18 Mei 2019 dan cara mengendalikan rasa lapar saat berpuasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (18/5/2019).

2 of 5

Jadwal buka puasa hari ini Sabtu 18 Mei 2019

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-8, 24 Mei 2018
Jadwal buka puasa hari ini Sabtu 18 Mei 2019 (Ilustrasi Puasa: Parade)

Berikut jadwal buka puasa hari ini Sabtu 18 Mei 2019, 13 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.31 WIB

Banda Aceh: 18.50 WIB

Medan: 18.34 WIB

Padang: 18.20 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Solo: 17.29 WIB

Malang: 17.21 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.20 WIB

Denpasar: 18.10 WIB

Makassar: 17.58 WIB

Palu: 18.02 WIB

Ambon: 18.25 WIB

Jayapura: 17.37 WIB

3 of 5

Cara Mengendalikan Lapar Saat Berpuasa

[Bintang] Sering Lemas Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya
Atur Makanan Selama Berbuka Puasa ataupun Sahur. (Ilustrasi: iStockphoto)

Makan Cukup Protein

Menambahkan lebih banyak protein ke dalam makan sahur dan berbuka dapat meningkatkan perasaan kenyang, membuat makan lebih sedikit saat makan berikutnya dan membantu menghilangkan lemak. Selain itu, asupan protein tinggi dapat membantu mencegah hilangnya otot ketika kalori harian berkurang saat berpuasa.

Pilihlah Makanan Kaya Serat

Asupan serat tinggi dapat meregangkan perut, memperlambat laju pengosongannya dan mempengaruhi pelepasan hormon kenyang. Selain itu, serat bisa berfermentasi di usus.

Ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dipikirkan untuk lebih membantu meningkatkan perasaan kenyang. Saat berbuka dan sahur perbanyaklah konsumsi buah dan sahur untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Cukup Tidur

Saat bulan puasa pola tidur akan berubah. Maka dari itu penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan melindungi dari kenaikan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24%, dan menurunkan kadar beberapa hormon rasa kenyang hingga 26%. Anda bisa mengatasi kurang tidur malam dengan tidur siang berkualitas di siang hari.

4 of 5

Cara Mengendalikan Lapar Saat Berpuasa

Kurangi Stres

Stres yang berlebihan diketahui meningkatkan kadar hormon kortisol. Walaupun efeknya dapat bervariasi antar individu, kortisol tinggi umumnya dianggap meningkatkan keinginan makan dan dorongan untuk makan. Stres juga dapat menurunkan kadar peptida YY (PYY), hormon rasa kenyang. Menemukan cara untuk mengurangi tingkat stres Anda mungkin tidak hanya membantu mengurangi rasa lapar, tetapi juga mengurangi risiko obesitas dan depresi.

Minum air sebelum makan

Minum segelas besar air secara langsung sebelum makan diklaim membuat seseorang merasa lebih kenyang, lebih puas, dan kurang lapar setelah makan.

Studi lain, yang mengamati nafsu makan pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, menunjukkan bahwa minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan, dan juga menyebabkan kehilangan lemak yang lebih besar.

Saat berpuasa, tubuh juga rentan kekurangan cairan. Maka dari itu penting untuk mengonsumsi banyak air putih saat berbuka dan sahur.

5 of 5

Cara Mengendalikan Lapar Saat Berpuasa

Olahraga

Olahraga dianggap mengurangi aktivasi daerah otak yang terkait dengan rasa ingin makan, yang dapat menghasilkan motivasi makan yang lebih rendah. Ini juga dapat mengurangi kadar hormon kelaparan, sambil meningkatkan perasaan kenyang.

Meski berpuasa, Anda dapat melakukan olahraga ringan untuk kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan jogging sebelum berbuka, jalan santai, atau bersepeda.

Visualisasikan Makan Makanan yang Diinginkan

Menurut beberapa peneliti, membayangkan diri Anda menikmati makanan yang paling Anda sukai sebenarnya mengurangi keinginan Anda untuk memakannya. Dalam satu percobaan, 51 peserta pertama kali membayangkan makan tiga atau 33 butir snack cokelat sebelum diberi akses ke semangkuk permen.

Mereka yang membayangkan makan lebih banyak snack cokelat, rata-rata makan permen 60% lebih sedikit. Tampaknya latihan visualisasi dapat menipu pikiran untuk meyakini bahwa seseorang telah makan makanan yang diinginkan, secara signifikan mengurangi hasrat terhadapnya.

Lanjutkan Membaca ↓