Intip 5 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Sholat Terbaik

Oleh Athika Rahma pada 17 Mei 2019, 21:40 WIB
Diperbarui 18 Mei 2019, 11:16 WIB
Aplikasi Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Sholat menjadi ibadah paling penting saat bulan Ramadan. Pahala ibadah ini bakal berkali-kali dilipat jika dilakukan tepat waktu.

Tidak perlu khawatir saat mencari waktu sholat yang tepat, karena kamu bisa mengetahuinya hanya dari menginstal aplikasi ini. Berikut 5 rekomendasi aplikasi jadwal sholat terbaik:

1. Muslim Pro

Aplikasi ini sudah terkenal di kalangan muslim seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain menyediakan jadwal sholat lengkap dengan pemberitahuannya, Muslim Pro juga menyediakan Alquran yang bisa dibaca kapan saja dimana saja, dengan 40 lebih terjemahan. Bagi kamu yang butuh arah kiblat disediakan juga di sini.

2. iPray

iPray memungkinkan kamu untuk tahu jadwal sholat tepat waktu dengan antarmuka yang apik dan enak dipandang.

Tak lupa, aplikasi ini dilengkapi arah kiblat, meskipun smartphone kamu tidak punya kompas bawaan, aplikasi ini bisa tetap mendeteksinya, sehingga tidak perlu khawatir bakal salah arah saat sholat.

2 of 3

3. umma

Aplikasi Umma
Aplikasi Umma yang memudahkan umat muslim dalam beribadah saat Ramadan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

umma menawarkan paket lengkap pengingat sholat dan mengaji. Selain tersedia fitur Alquran, arah kiblat dan ayat-ayat berguna untuk memotivasi, umma punya group chat khusus yang memungkinkan kamu ngobrol dengan ustad dan komunitas agama lainnya.

4. Athan Now

Hampir sama seperti aplikasi pengingat jadwal sholat lainnya, Athan Now bakal memberi notifikasi ketika adzan waktu sholat sudah tiba. Tak ketinggalan fitur Alquran, Qibla finder, bahkan aplikasi ini bisa membantu mencarikan masjid terdekat.

5. Ramadan Times

Aplikasi paket lengkap lainnya adalah Ramadan Times. Tidak hanya menghadirkan jadwal sholat, Alquran dan arah kiblat, aplikasi ini juga punya fitur doa, hitung dzikir sampai kalkulasi zakat.

3 of 3

Aplikasi SAFAR-e, Pengganti Tour Guide Saat Haji dan Umroh

SAFAR-e, aplikasi pengganti tour guide system yang mudahkan komunikasi saat Haji dan Umroh.
SAFAR-e, aplikasi pengganti tour guide system yang mudahkan komunikasi saat Haji dan Umroh.

Mayoritas travel umroh dan haji menggunakan tour guide system untuk menyebarkan pesan kepada seluruh jamaah. Jangkauan jarak yang pendek, yakni 50 meter dan harga alat yang mahal (Rp 25 juta) membuat alat ini menjadi kurang efisien.

Berangkat dari keterbatasan tersebut, PT Sahabat Pariwisata Internasional mengembangkan layanan SAFAR-e. CEO SAFAR-e Haadiy Fatahillah menyatakan, cukup dengan mendownload aplikasi dari Play Store, para agen travel bisa langsung menjajal fitur-fitur layaknya tour guide system.

“Era internet saat ini sudah memungkinkan travel umroh dan haji untuk memberikan pelayanan dan bimbingan yang jauh lebih baik. Dengan berbagai fitur dan kemudahannya, SAFAR-e bukan hanya teknologi komunikasi, tapi sudah menjadi teknologi penghubung hati,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (15/5/2019).

Fitur-fitur SAFAR-e termasuk pengumuman, panduan, peta, obrolan, hotspot dan menu khusus bagi ustad yang memandu. Fitur pengumuman menjadi fitur paling sering digunakan karena dapat memudahkan ustad pemandu dalam memberitahu jadwal, mengingatkan acara, membangunkan tahajjud dan lain sebagainya.

Sementara soal antarmuka pengguna, Haadiy mengklaim meski sasaran dan target adalah orang tua yang belum paham teknologi, SAFAR-e bakal tetap mudah digunakan.

"Setelah instalasi aplikasi ke smartphone, jamaah tidak perlu diarahkan untuk melakukan apapun, cukup merespon ke pop-up yang muncul di layar," ungkapnya.

(Tik/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by