Sukses

Minum Segelas Susu Saat Sahur Selama Ramadan, Puasa pun Lancar

Inilah bila rajin minum susu saat sahur

Liputan6.com, Jakarta Minum segelas susu pas sahur merupakan cara gampang menambah asupan protein ke tubuh. Ketika asupan protein dan serat tercukupi, tubuh tak mudah lemas yang bikin kita tetap aktif meski sedang berpuasa.

Menurut dokter spesialis gizi klinis, Diana F. Suganda bahwa asupan protein yang tubuh butuhkan sekitar 7,8 gram per hari. Jumlah sebesar itu bisa diperoleh dari satu potongan besar ayam, ikan, maupun daging merah.

"Sahur itu kan biasanya tidak mau makan terlalu banyak, enggak bisa makan ayam sampai dua potong, atau ikan sampai dua ekor, kita bisa menambakan susu," kata Diana pada diskusi Kupas Tuntas Kebaikan Susu untuk Tunjang Kesehatan di kawasan Sudirman pada Rabu, 15 Mei 2019.

Menurut Diana, asupan protein kita tetap masih kurang meskipun ketika sahur sudah memasukan sumber protein hewani (ayam atau ikan) dan protein nabati (tahu dan tempe) ke dalam satu piring saji.

Oleh sebab itu bisa kita tambah dengan meminum segelas susu bervolume kecil, kira-kira 200 ml. "Dengan 200 ml tapi kamu dapat protein, semua cairan serta mineralnya sudah lengkap," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susu Merupakan Makanan Tambahan

Pada kesempatan itu, Diana menegaskan bahwa susu merupakan sumber makanan tambahan, bukan yang utama. 

Dulu, di saat jargon 'empat sehat lima sempurna' masih dijadikan acuan, tidak sedikit orang-orang yang tidak bisa minum susu merasa kalau proses makannya tidak sempurna. "Ya bukan berarti enggak sempurna juga," kata Diana.

"Susu itu kan salah satu sumber protein hewani atau sumber lemak hewani sebagai penambah dari makanan utama. Jadi salah satu tambahan," Diana menjelaskan. 

3 dari 3 halaman

Alasannya

Susu disebut sebagai sumber makanan pelengkap atau tambahan karena mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang tubuh butuhkan; protein, lemak, dan karbohidrat. 

Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium, dan magnesium juga terkandung di dalamnya. 

"Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini