Sukses

6 Masalah Kesehatan Saat Mudik, Perlu Diwaspadai dan Begini Cara Mengatasinya

Perlu waspadai masalah kesehatan saat mudik ini.

Liputan6.com, Jakarta Masalah kesehatan saat mudik kerap muncul bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Ya, di Indonesia, mudik menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, karena kamu bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga besar.

Namun, perjalanan untuk menuju ke kampung halaman terkadang tidaklah sebentar. Duduk berjam-jam dalam kondisi sedang berpuasa tentunya menguras banyak energi selama perjalanan. Ditambah kamu harus berkonsentrasi penuh menghadapi kemacetan agar bisa sampai di kampung halaman dengan selamat.

Faktor-faktor inilah yang membuat para pemudik rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui penyakit apa saja yang kerap muncul saat mudik.

Berikut ini, Liputan6.com, Kamis (23/5/2019) telah merangkum dari berbagai sumber enam masalah kesehatan saat mudik yang sering terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Kesehatan Saat Mudik

Dehidrasi

Masalah kesehatan saat mudik yang paling sering terjadi adalah dehidrasi. Ya, mudik dilakukan saat masih menjalankan ibadah puasa Ramadan atau mendekati hari raya Idul Fitri. Macetnya saat mudik sudah menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Terjebak macet dalam kondisi sedang berpuasa merupakan masalah yang berat, karena bisa memicu dehidrasi.

Dehidrasi jika tidak ditangani secara langsung akan berefek buruk bagi kesehatan seseorang, karena meningkatkan risiko penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Nah, untuk menghindari dehidrasi selama mudik, ada baiknya kamu memenuhi asupan cairan saat sahur. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan hindari makanan dengan kadar garam yang tinggi.

Kelelahan dan Mabuk Perjalanan

Salah satu masalah kesehatan saat mudik yang paling umum terjadi adalah kelelahan. Hal ini disebabkan karena arus mudik yang sangat ramai hingga membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat dan memicu kelelahan serta pegal-pegal.

Saat kamu merasa kelelahan, bahkan sampai mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan merupakan rasa tidak nyaman selama di perjalanan, yang biasanya disebabkan oleh faktor kelelahan. Mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan timbulnya perasaan mual, pusing, hingga muntah selama perjalanan mudik.

Nah, untuk mengatasi masalah kesehatan saat mudik ini, kamu perlu menyediakan obat-obatan di dalam tas. Obat yang bisa kamu bawa adalah obat pusing, obat pereda mualm dan lain sebagainya. Jenis obat-obatan ini bisa menjadi pertolongan pertama, guna mengatasi mabuk perjalanan.

3 dari 4 halaman

Masalah Pencernaan Juga Harus Diwaspadai

Sembelit

Sembelit juga menjadi masalah kesehatan saat mudik yang sering terjadi, baik dengan mobil, kereta, kapal, atau bahkan pesawat. Hal ini disebabkan karena kamu terlalu lama duduk selama berjam-jam.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi banyak air putih dan makan makanan yang tinggi serat saat sahur atau sebelum berangkat mudik. Hal ini akan membantu melunakkan fesef yang mengeras akibat sembelit dan melancarkan pencernaan.

Hindari untuk menahan buang air kecil dan buang air besar saat perjalanan mudik, agar tidak semakin memperparah sembelit kamu.

Diare

Masalah kesehatan saat mudik yang juga sering terjadi adalah diare. Kondisi ini terjadi ketika kamu membeli makanan di pinggir jalan saat mendekati buka puasa.

Ya, tak ada yang menjamin kebersihan dan keamanan dari makanan yang kamu beli bisa saja makanan yang kamu beli terpapar oleh debu dan lalat yang menyebabkan kuman penyebab diare muncul di makanan kamu.

Untuk itu, saat mudik kamu perlu sangat berhati-hati ketika membeli makanan atau minuman selama di perjalanan. Pastikan makanan yang kamu beli diletakkan di dalam wadah dan tidak terpapar oleh lalat maupun debu. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tangan sebelum mengonsumsinya, agar kamu terhindar dari diare saat mudik.

4 dari 4 halaman

Saluran Pernapasan Juga Bisa Menjadi Masalah Saat Mudik

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Jika kamu menggunakan jalur darat saat mudik seperti menggunakan motor, mobil, kereta, atau bus rentan terhadap debu dan polusi udara yang bertebaran di mana-mana dan dapat dengan mudah terhirup oleh para pemudik.

Hal ini menyebabkan kamu kerap mendapati masalah kesehatan saat mudik seperti terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik, terutama bila kamu mudik dengan sepeda motor.

Selain itu, hiruk pikuk arus mudik membuat banyak orang dapat dengan mudah menularkan penyakit yang dideritanya lewat udara. Makin mudah terjangkit penyakit, saat daya tahan tubuh kamu sedang menurun karena kelelahan selama di perjalanan.

Oleh sebab itu, jika kamu berencana mudik dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga kesehatan saat sebelum mudik. Begitu juga saat sedang dalam perjalanan mudik, sebisa mungkin lindungi diri kamu dari polusi udara yang disebabkan oleh kendaaran.

Flu

Selain itu, masalah kesehatan saat mudik yang sering terjadi adalah flu. Ya, flu atau influenza ini merupakan masalah kesehatan saat mudik yang paling umum dan mudah menular. Hal ini disebabkan karena stres, mabuk perjalanan, serta cuaca terik yang sering kali membuat daya tahan tubuh pemudik menjadi menurun, sehingga lebih mudah terkena flu.

Selain penyebab tersebut, berada di dekat orang yang terkena flu juga bisa meningkatkan risikonya. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa sediakan obat flu di dalam tas. Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, guna mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini