Jadwal Imsak Hari Ini Jum’at 17 Mei 2019 dan Waktu Mustajab untuk Berdoa Saat Ramadan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 16 Mei 2019, 19:00 WIB
Jadwal Imsak Hari

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini, Jum’at 17 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Maka tidak heran, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan membutuhkan jadwal imsak setiap harinya. Imsak merupakan waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahurnya.

Kalau kamu sudah mengetahui jadwal imsak hari ini Jum’at 17 Mei 2019, kamu dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur. Perbedaan zona waktu ini menjadikan jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Oleh karena itu, penting banget untuk mengetahui jadwal insak sesuai daerah tempat kamu melakukan santap sahur.

Agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Jum’at 17 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini, Jum’at 17 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Jum’at (17/5/2019).

2 of 4

Doa Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'alaNiat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

3 of 4

Jadwal Imsak Hari Ini Jum’at 17 Mei 2019

Jadwal Imsak Hari
Jadwal Imsak Hari Ini / Sumber: iStockphoto

Berikut jadwal imsak hari ini Jum’at 17 Mei 2019, 12 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Yogyakarta: 04.13 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Aceh: 04.54 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.44 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Balikpapan: 04.39 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.41 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

4 of 4

Waktu Mustajab Berdoa Saat Ramadan

Jadwal Imsak Hari
Waktu Mustajab Berdoa Saat Ramadan / Sumber: iStockphoto

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, keberkahan dilimpahkan oleh Allah SWT. Setiap amalan yang dilakukan seorang Muslim akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Salah satu amalan yang sangat mudah dilakukan adalah berdoa. Meski ringan, doa saat Ramadan bisa terkabul.

Namun demikian, ada waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk berdoa. Kalau kamu berdoa di waktu-waktu ini, InsyaAllah doa terkabul.

Waktu pertama yaitu ketika sahur. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebut doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan. Dasarnya adalah riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni'."

Waktu kedua yaitu saat berpuasa di siang hari. Imam Nawawi dalam Al Majmu' Syarh Al Muhadzdzab menjelaskan dianjurkan orang yang berpuasa memperbanyak doa demi urusan dunia dan akhirat, hajat yang diinginkan, serta untuk kebaikan kaum muslimin.

Sedangkan waktu ketiga yaitu saat buka puasa. Hadis riwayat Ahmad dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga orang yang doanya tidak tertolak, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi."

Dalam kitab Tuhfaz Al Ahwadzi dijelaskan doa dikabulkan ketika berbuka sebab orang telah menyelesaikan puasa dalam keadaan tunduk dan rendah diri.

Lanjutkan Membaca ↓