Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 17 Mei 2019 dan Makanan Favorit Nabi Muhammad Saat Berbuka

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Mei 2019, 07:40 WIB
Jadwal Buka Puasa Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Jumat 17 Mei 2019 menjadi hal yang tak boleh terlewat saat Ramadan. Dengan mengetahui jadwal buka puasa hari ini Jumat 17 Mei 2019 Anda dapat menyegerakan berbuka secara tepat waktu. Meski saling berdekatan, tak menutup kemungkinan jika jadwal buka puasa hari ini Jumat 17 Mei 2019 akan berbeda walau hanya selang beberapa menit.

Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW dalam berpuasa adalah menyegerakan berbuka. Rasullullah memerintahkan umatnya yang berpuasa untuk segera melakukan buka puasa atau membatalkan puasanya ketika waktu berbuka sudah datang. Selain itu, disunahkan pula untuk berbuka puasa dengan kurma atau yang manis-manis. Hal ini dianjurkan karena kurma banyak mengandung gizi yang bisa mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian.

Selain kurma, ada pula makanan-makanan favorit Rasullullah saat berbuka. Sebagian besar dari makanan-makanan ini adalah buah yang menyehatkan. Maka dari itu tak ada salahnya untuk mencoba berbuka dengan menu favorit Rasullullah ini.

Nah, agar dapat menyegerakan berbuka, berikut jadwal buka puasa hari ini Jumat 17 Mei 2019 dan makanan favorit Rasullullah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/5/2019).

2 of 4

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 17 Mei 2019/12 Ramadan 1440H

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-8, 24 Mei 2018
Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 17 Mei 2019/12 Ramadan 1440H (Ilustrasi Puasa: Parade)

Berikut jadwal buka puasa hari ini Jumat 17 Mei 2019, 12 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.31 WIB

Banda Aceh: 18.50 WIB

Medan: 18.33 WIB

Padang: 18.20 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Solo: 17.29 WIB

Malang: 17.22 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.20 WIB

Denpasar: 18.10 WIB

Makassar: 17.58 WIB

Palu: 18.02 WIB

Ambon: 18.25 WIB

Jayapura: 17.37 WIB

3 of 4

Makanan Favorit Rasulullah Saat Berbuka

Ilustrasi buka puasa dengan kurma
Ilustrasi buka puasa dengan kurma (sumber: iStock)

Kurma

Kurma menjadi makanan anjuran Nabi Muhammad SAW. Kurma sangat aman bagi kesehatan tubuh karena mengandung gula alami. Kurma banyak mengandung gizi yang bisa mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian. Kurma juga membuat perut kenyang lebih lama. Selain sehat, kurma juga mempunyai rasa yang lezat. Salah satu jenis kurma kesukaan nabi adalah Al-Barniy.

Sunnah berbuka puasa dengan kurma dijelaskan dalam hadist sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: “Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”

Anggur

Anggur menjadi menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW saat berbuka. Hal tersebut terkuak melalui hadis riwayat Abu Nuaim, "kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak."

Zaitun

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda," makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

 

4 of 4

Makanan Favorit Rasulullah Saat Berbuka

Buah Ara

Buah Ara atau yang juga dapat disebut buah tin bisa menjadi menu pilihan berbuka. Buah ini sangat disukai nabi, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA bahwa nabi pernah memakan buah tersebut. Beliau bersabda bahwa buah tin adalah buah surga tanpa biji.

Delima

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa delima masuk dalam daftar buah surga. Hal ini tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68 yang artinya, "di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Selain itu, Buah Delima juga dipercaya dapat mengusir setan selama 40 hari.

Melon

Hampir sama dengan labu, melon juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikuatkan dengan hadis berikut. Rasulullah SAW bersabda, "tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat." Rasulullah pernah bersabda mengenai Kurma dan Melon. "Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin." (HR. At-Tirmidzi).

Labu

Buah labu memiliki kandungan air yang sangat banyak, mencapai 97 persen. Kandungan air dalam labu berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan puasa Ramadan.

Selain rasanya enak, labu juga mudah diolah menjadi aneka makanan lezat. Walaupun hanya dikukus begitu saja, rasa labu sudah sangat enak dan mengenyangkan. Olahan labu yang biasa ditemui pada bulan Ramadan adalah kolak.

Lanjutkan Membaca ↓