Sediakan Sahur Ramadan untuk Seorang Muslim, Hotel di Irlandia Tuai Pujian

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 15 Mei 2019, 21:20 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel

Liputan6.com, Dublin - Sebuah hotel di Dublin, Irlandia, menuai pujian luas karena memperlakukan dengan baik tamu-tamu Muslim selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Pujian ini bermula ketika salah seorang tamu Muslim di hotel Ibis Dublin memesan camilan untuk memulai puasa Ramadan.

Tetapi, ketika dia turun ke lobi hotel pada dini hari, dia mendapati bahwa hotel tersebut telah menyiapkan sarapan prasmanan untuk sahur, demikian sebagaimana dikutip dari Independent.co.uk pada Rabu (15/5/2019).

Pada pukul 02.30 dini hari, sang tamu adalah satu-satunya orang di restoran hotel, kata salah seorang rekannya, Hemant.

Rasa takjub dan haru itu diunggah oleh Hemant di Twitter, dan seketika memicu banyak tanggapan dari ratusan pengguna lainnya.

"Seorang rekan Muslim bertanya kepada hotel kami apakah mereka bisa memberinya camilan sebelum ia memulai puasa," katanya.

"Mereka bilang oke, silahkan turun pukul 02.30 pagi. Ketika dia pergi ke bawah, dia menemukan sarapan prasmanan lengkap telah tersaji," tulis Hemant di Twitter.

"Pihak hotel mengatakan itu yang paling bisa mereka lakukan. @Accorhotel bangga dengan Ibis Dublin," lanjutnya.

Cuitan Hemant, yang telah mendapat lebih dari 100.000 tanda suka itu menuai banyak komentar positif, di mana sebagian besar warganet memuji layanan yang diberikan oleh jaringan Accor Hotels asal Prancis, merek induk Ibis Dublin.

Pengguna lain menambahkan bahwa Mercure Singapore, yang juga merupakan bagian dari grup Accor Hotels, menyajikan "menu makanan sebelum fajar" gratis di setiap kamar untuk umat Muslim selama bulan suci Ramadan.

Para tamu kemudian memilih slot waktu antara pukul 04.00 atau 05.00 pagi, dan makanan akan diantarkan langsung ke kamar mereka, kata perwakilan hotel terkait.

 

2 of 3

Antar Sahur dengan Drone

foto ilustrasi penggunaan drone untuk pertanian gandum barley di Inggris - AP
foto ilustrasi penggunaan drone untuk pertanian gandum barley di Inggris - AP

Cerita unik saat sahur juga hadir di Dubai, Uni Emirat Arab. Otoritas Pengembangan Komunitas di Dubai meluncurkan program Their Suhour is On Us selama bulan suci Ramadan.

Ini adalah kegiatan mengantarkan makanan sahur ke masjid-masjid dan sekitarnya dengan bantuan drone.

Seperti dikutip dari Al Arabiya pada Jumat 11 Mei, ada sekitar 700 orang sukarelawan yang berpartisipasi dalam program dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya makan sahur.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dianggap dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kerja sukarela, serta mendorong masyarakat serta organisasi melakukan pelayanan sosial dan bertanggungjawab.

3 of 3

Menyantap Daging Burung Unta dan Rusa

Peternakan Burung Unta
Seorang peternak berjalan dengan burung unta di sebuah peternakan di pinggiran Herat, Afghanistan (15/8). (AFP Photo/Hoshang Hashimi)

Sementara di Pakistan, cerita unik saat sahur datang dari menu yang disajikan, yakni olahan daging burung unta dan rusa.

Inisiatif ini dilakukan oleh sebuah badan amal di tengah padatnta kota Karachi, Pakistan.

Mahal dan jarang dimakan di Pakistan, burung unta dan rusa dianggap eksotis di negara mayoritas muslim berpenduduk 208 juta orang.

Relawan merebus daging burung unta dan rusa yang kemerahan dalam kuali dan menyajikannya dalam kari buncis kepada lebih dari 500 penduduk sebelum fajar menyingsing pada Selasa 7 Mei 2019, ketika muslim Pakistan memulai puasa Ramadan selama sebulan.

"Dengan mengingat kekurangan ini, orang (kaya) mendukung kami dan seperti tahun sebelumnya, kami menawarkan hidangan yang bahkan orang kelas menengah tidak mampu, apalagi orang miskin," kata Zafar Abbas, sekretaris jenderal Jafaria Disaster Management Cell Welfare Foundation, Karachi, Pakistan seperti dilansir Channel News Asia.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by