Sukses

Ini Hashtag Paling Populer di Instagram pada Pekan Pertama Ramadan 2019

Interaksi pengguna Instagram meningkat di bulan Ramadan tiap tahunnya, baik dari penggunaan hashtag maupun fitur lain seperti Stories.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah laporan terkini, Instagram mengungkap informasi menarik tentang momen interaksi pengguna layanan media sosial tersebut.

Disebutkan, interaksi pengguna Instagram meningkat di bulan Ramadan tiap tahunnya, baik dari penggunaan hashtag maupun fitur lain seperti Stories.

Dari 20 Januari hingga 24 Juni 2018, data internal Instagram menunjukkan penggunaan Stories meningkat 28 persen di bulan Ramadan.

Hari pertama puasa hingga kemarin, 6 Mei - 13 Mei, ada 5 hashtag yang paling banyak digunakan orang Indonesia, yakni #selamatberpuasa, #tokoparselmurah, #happyfasting, #sepatumuslimahsporty dan #semangatpuasa.

Momen Interaksi Instagram Meningkat di Bulan Ramadan.

Aldo Rambie, Client Partner Facebook dan Instagram Indonesia menyatakan, sepanjang Ramadan, keluarga dan teman menjadi topik yang paling banyak diposting para pengguna Instagram di Indonesia.

"Menurut data Facebook kuartal-2 tahun lalu, keluarga dan teman jadi topik paling banyak diposting di Instagram. Kemudian, postingan di publish saat siang dan sore hari, biasanya menjelang buka puasa itu meningkat," ujarnya di Kantor Komunal Facebook, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Tren Instagram Tahun Ini Meningkat

Instagram dan Facebook down (Foto ilustrasi Unsplash)

Lebih lanjut, Aldo memprediksi tren Instagram tahun ini akan mengikuti pencapai pada tahun lalu.

"Untuk data tahun ini memang belum ada, karena masih pertengahan bulan puasa, namun kita optimis setinggi tahun kemarin," katanya.

Ia menambahkan, "Saat ini, postingan bertema keluarga dan teman yang kebanyakan tentang buka puasa bersama, mudik dan lainnya sudah meningkat 2 minggu sebelum Ramadan."

Selain itu, untuk mendorong bentuk engangement tersebut, Instagram telah meluncurkan filter Lantern dan stiker GIF bertema Ramadan 6 Mei lalu. Filter ini menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain lainnya saat diketuk.

(Tik/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini