Sukses

Doa Setelah Salat Witir dan Tata Cara yang Harus Dipahami Umat Muslim

Doa setelah salat witir yang perlu kita tahu ada dua

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah salat witir sangat penting untuk dihafal umat muslim karena amalan tersebut tidak hanya dilakukan saat bulan puasa saja. Berbeda dengan salat tarawih yang merupakan amalan khusus di bulan puasa.

Salat witir merupakan salat yang dikerjakan setelah salat tarawih di bulan puasa, dan setelah salat isya di hari hari biasa. Salat witir merupakan pengganjil salat-salat yang genap pada akhir malam.

Doa setelah salat witir yang perlu kita tahu ada dua. Di antaranya adalah doa yang diucapkan bersama-sama setelah salat witir berjamaah di masjid, dan doa setelah salat witir itu sendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/5/2019) tentang doa setelah salat witir

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Witir

Salat witir bisanya dikerjakan secara langsung 3 rakaat dengan 1 salam. Namun boleh juga dikerjakan dengan 2 rakaat ditambah 1 rakaat terakhir lalu salam. Setelah salam boleh langsung membaca doa setelah salat witir.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha:

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan sholat malam 13 rakaat, termasuk di dalamnya sholat witir lima rakaat. Beliau tidak duduk tasyahud kecuali pada rakaat yang terakhir." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan untuk waktu salat witir sendiri, mengakhirkan pelaksanaannya hingga akhir malam akan sangat baik karena pada akhir malam Allah SWT turun langsung dari langit dan salat pada akhir malam disaksikan oleh para malaikat. Tentunya doa setelah salat witir akan sangat mustajab.

Berdasarkan hadits Jabir Radhiyallahu anhu, ia berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa yang khawatir tidak bangun pada akhir malam, maka hendaklah dia melakukan shalat Witir pada awal malam. Dan barangsiapa yang bersikeras untuk bangun pada akhir malam, maka hendaklah dia melakukan shalat Witir pada akhir malam, karena shalat di akhir malam itu disaksikan (oleh para Malaikat), dan hal itu adalah lebih utama.’”

Nabi Muhammad SAW pernah berwasiat kepada beberapa sahabat agar tidak tidur sebelum melakukan salat witir.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash Radhiyallahu anhu, dia berkata, saya pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang tidak tidur sebelum melakukan shalat Witir, adalah orang yang teguh (iman-nya).”

Dengan beberapa sabda dari Nabi Muhammad SAW tersebut, telah jelaslah betapa pentingnya melaksanakan salat witir. Untuk itu, kamu harus menghafalkan doa setelah salat witir demi melaksanakan ibadah ini.

3 dari 4 halaman

Doa Setelah Salat Witir

Inilah doa setelah salat witir yang harus kamu ketahui:

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a’aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihiajma’iina,walhamdulillaahirabbil’aalamiina.

Yang artinya:

“Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.”

“Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

4 dari 4 halaman

Doa Setelah Salat Witir di Masjid (Diikuti Seluruh Jamaah)

Subhanal malikil qudduus (3x), Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, Allahumma inni a’udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik

Artinya: Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri

Sama dengan doa setelah salat tarawih, doa setelah salat witir ini merupakan doa di bulan puasa yang diucapkan bersama-sama seluruh jamaah di sebuah masjid. Tepat setelah tahiyat akhir salat witir, imam atau bilal akan memandu semua jamaah untuk membaca doa setelah salat witir ini.

Sama dengan doa setelah salat tarawih, kamu bisa menghafalkan doa setelah salat witir ini dengan selalu datang ke masjid dan mendengarkan doa ini dilafalkan bersama-sama. Pada akhirnya kamu bisa hafal juga dan bisa mengucapkannya bersama-sama. Jadi dengan menghafal salah satu doa di bulan puasa ini, yaitu doa setelah salat witir, kamu tidak perlu terdiam lagi saat pembacaan doa ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini