Enam Tempat Ngabuburit Asyik di Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 18 Mei 2019, 12:45 WIB
Enam Tempat Ngabuburit Asyik di Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Setiap sore hari menjelang berbuka puasa saat Ramadan banyak dimanfaatkan warga Cirebon ngabuburit. Berbagai aktivitas dilakukan masyarakat saat ngabuburit.

Mulai dari mencari hidangan manis untuk berbuka puasa hingga nongkrong di sejumlah tempat menarik sembari menunggu waktu buka puasa tiba.

Di Cirebon, terdapat beberapa tempat yang menarik sebagai tempat ngabuburit. Berikut daftar tempatnya:

1. Taman Air Gua Sunyaragi

Taman Air Gua Sunyaragi Kota Cirebon, di salah satu situs bersejarah Cirebon ini, bersama keluarga maupun kerabat dekat, pengunjung bisa beraktivitas menikmati kekayaan budaya.

Pengunjung dapat menikmati berbagai seni bangunan yang terbuat dari batu karang laut pantai selatan berapa ratus tahun lalu. Namun, untuk ngabuburit di Gua Sunyaragi, pengunjung disarankan membawa perbekalan sendiri.

Sebab, warung atau tempat makan di kawasan Taman Gua Sunyaragi hanya ada di dekat loket pemesanan tiket.

2. Kompleks Olahraga Bima

Tempat lain yang menjadi favorit warga Cirebon ngabuburit berikutnya adalah kawasan kompleks olahraga Bima Kota Cirebon. Di kawasan ini, warga memanfaatkan kompleks olahraga untuk membuka bazar Ramadan di area patung Bima.

"Kalau hari biasa kompleks Bima juga jadi tempat warga berolahraga pagi maupun sore hari. Sekarang semakin bervariasi ada yang olahraga ada yang wisata kuliner," sebut salah seorang pengunjung Bima.

Dia mengatakan, belakangan kompleks olahraga Bima ini semakin ramai. Apalagi, beberapa sarana olahraga di kawasan Komplek Bima akan menjadi salah satu venue dalam PON XIV tahun 2016. "Kalau tidak salah olahraga yang dipertandingkan di Bima bulutangkis dan olahraga air," ujar dia.

2 of 3

3. Taman Kera Kalijaga

Enam Tempat Ngabuburit Asyik di Cirebon
Taman Kera Kalijaga salah satu tempat unggulan warga Cirebon ngabuburit. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Lokasi lain yang menjadi spot menarik untuk ngabuburit di Cirebon adalah Situs Taman Kera Kalijaga. Terletak di Jalan Pramuka Rt 08 Rw 03 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, situs ini memiliki cerita yang menarik dan tempat yang nyaman.

Dari informasi yang didapat, petilasan Kalijaga ditemukan sekitar abad ke 7 Masehi. Taman Kera Kalijaga ini merupakan salah satu peninggalan Sunan Kalijaga (Raden Mas Said).

Di Taman Kera Kalijaga, pengunjung dapat melihat monyet ekor panjang secara langsung. Juru Kunci Situs Taman Kera Kalijaga Cirebon RM Mashudi mengatakan, diperkirakan kawasan tersebut berusia 500 tahun.

Dia menyebut, dalam situs yang didirikan oleh Sunan Kalijaga tersebut, terdapat masjid, dua buah sumur tua, tempat pesarean serta tempat Sunan Kalijaga bertapa.

"Misinya sama yakni menyebarkan Islam di Cirebon juga bersama Sunan Gunung Jati," sebut dia, Selasa (14/5/2019).

4. Wisata Pantai Kejawanan

Cirebon merupakan daerah yang berada di kawasan Pantai Utara (Pantura). Pesisir pantai menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat berkunjung.

Wisata Pantai Kejawanan Kota Cirebon menjadi salah satu lokasi favorit untuk warga yang sedang ngabuburit. Sembari terapi lumpur, warga juga bisa menikmati perairan Cirebon dengan menyewa perahu. Cukup membayar Rp 5.000 per orang, tidak sedikit juga pengunjung memilih berbuka puasa di kawasan Wisata Pantai Kejawanan.

3 of 3

5. Waduk Setupatok

Enam Tempat Ngabuburit Asyik di Cirebon
Salah satu pemandangan senja yang ada di Waduk Setupatok Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Waduk Setupatok merupakan salah satu objek wisata pilihan yang ramai dikunjungi warga pada sore hari. Beragam aktivitas warga Cirebon dilakukan di waduk buatan ini, termasuk ngabuburit.

Bahkan, tidak sedikit kaum muda Cirebon yang pacaran di Waduk Setupatok itu. Beberapa pengunjung lokal memanfaatkan waktu berbuka dengan mencuci kendaraan mereka di pinggir danau.

"Biasanya warga selepas kerja cuci motor di waduk ini sambil nunggu buka puasa baru pulang ke rumah," kata seorang warga sekitar waduk, Garni, Selasa (14/5/2019).

6. Kota Tua

Kota Tua Cirebon selalu menjadi salah satu tempat favorit warga baik lokal maupun dari luar kota. Salah seorang pengunjung Kawasan Kota Tua Cirebon, Ani mengatakan, bangunan di kawasan Kota Tua ini menjadi tempat yang tak pernah ketinggalan untuk dinikmati saat sore hari.

"Saya bareng temen-temen biasanya ngabuburit di sini. Sambil nunggu Magrib foto-foto dulu," kata Ani.

Dia mengatakan, belakangan kawasan Kota Tua ini semakin banyak dikunjungi terutama pada sore hari.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by