Sukses

Ini Cara Atasi Kantuk Saat Salat Tarawih, Agar Ibadah Lebih Fokus

Dengan mengetahui cara atasi kantuk saat salat tarawih, ibadah akan makin khusyuk

Liputan6.com, Jakarta Salat Tarawih merupakan salah satu amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan untuk memperoleh kemuliaan. Salat tarawih termasuk qiyamul lail atau salat malam, tapi hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Pelaksanaannya bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah. 

Karena dilaksanakan pada malam hari, rasa kantuk saat salat tarawih kerap muncul. Kantuk ini akan mengurangi konsentrasi dalam beribadah yang membuat salat tarawih menjadi terganggu. Maka dari itu perlu untuk mengetahui cara atasi kantuk saat salat tarawih agar makin fokus beribadah.

Cara atasi kantuk saat salat tarawih dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Mulai dari menghindari faktor kantuk dan menghilangkan rasa kantuk yang muncul. Dengan mengetahui cara atasi kantuk saat salat tarawih, ibadah akan makin khusyuk dan tak berkurang pahala apapun.

Nah, jika Anda mengalami masalah kantuk saat ibadah malam ini, penting untuk mengetahui cara atasi kantuk saat salat tarawih. Berikut cara atasi kantuk saat salat tarawih yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(14/5/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketentuan Mengantuk Saat Salat

Hadis dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّى فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لاَ يَدْرِى لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ

Apabila kalian mengantuk ketika sedang shalat, handaknya tidur dulu, sampai hilang keinginan untuk tidur. Karena ketika kalian shalat dalam kondisi mengantuk, kalian tidak tahu, bisa jadi dia hendak memohon ampun, tapi justru mencela dirinya sendiri. (HR. Bukhari 212 dan yang lainnya)

Hadis ini menjelaskan bahwa memaksakan ibadah saat mengantuk justru tidak dapat mencapai tujuannya dalam beribadah, dan bahkan akan menimbulkan kesalahan.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاةِ فَلْيَنَمْ حَتَّى يَعْلَمَ مَا يَقْرَأُ

Apabila kalian mengantuk dalam shalat, hendaknya dia tidur sampai dia menyadari apa yang dia baca. (HR. Bukhari 206)

3 dari 6 halaman

Cara atasi kantuk saat salat tarawih

Ada beberapa cara atasi kantuk saat salat tarawih yang dapat dilakukan. Berikut tips yang dapat Anda terapkan ketika hendak pergi tarawih:

Niat kuat

Apa saja selalu datang dari niat. Karenanya mantapkan hati dan kuatkan niat untuk menjalankan salat Tarawih untuk beribadah mendapatkan pahala. Ketahui keistimewaan melakukan ibadah salat tarawih setiap malamnya. Dengan begitu Anda akan menumbuhkan semangat tersendiri untuk menabung banyak pahala selama bulan Ramadan. Niatkan pula melakukan ibadah hanya untuk Allah semata.

Tidak banyak makan sebelum tarawih

Saat berbuka hindari makan terlalu banyak. Makan terlalu banyak apa lagi makan besar usai berbuka akan menimbulkan kekenyangan. Disarankan untuk memakan takjil saat berbuka dan dilanjut makan besar saat sesudah tarawih. Makan terlalu banyak saat berbuka hanya akan membuat Anda merasa mengantuk.

4 dari 6 halaman

Tidur siang dan pilih lokasi tepat salat tarawih

Tidur siang

Tidur siang dalam istilah Islam disebut dengan qoilulah. Qoilulah memiliki makna tidur di pertengahan siang. Berkata Ishaq bin Abdillah bin Abi Farwah rahimahullah, “Qoilulah merupakan amalan pencinta kebaikan. Di dalamnya terkumpul banyak faedah sekaligus faktor penguat untuk shalat malam.

”Sempatkan untuk tidur siang sebentar di bulan puasa. Ini akan memberikan cukup energi untuk salat tarawih tanpa merasa ngantuk. Tidur siang ampuh untuk membuat Anda terjaga pada malam harinya.

Lokasi salat tarawih

Saat salat di masjid, pilihlah tempat yang sedikit jauh dari kipas angin. Terlalu dekat dengan kipas angin akan membuat Anda jadi mengantuk karena semilir udara dingin.

5 dari 6 halaman

Ambil wudhu dan trik saat sujud

Ambil wudhu

Jika memang sudah sangat mengantuk, coba ambil air wudhu. Percikan air yang segar akan menghilangkan rasa kantuk dengan seketika. Saat jeda tarawih Anda dapat keluar sebentar untuk menyegarkan tubuh dengan berwudhu.

Trik saat sujud

Rasa kantuk akan menyerang makin kuat saat sujud. Nah, ada trik yang bisa dicoba. Cobalah untuk menahan napas saat sujud. Trik ini akan membuat Anda terhindar dari rasa kantuk saat sujud. Coba pula untuk meresapi bacaan-bacaan Alquran yang dilafalkan oleh imam saat salat.

6 dari 6 halaman

Keutamaan Salat Tarawih

Keutamaan salat tarawih juga sebagai penghapus dosa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

Dalam hadis ini diberitahukan bahwa salat tarawih atau qiyam Ramadan yang dilakukan karena niat dan iman dalam mencari pahala dapat diampuni dosa yang ada. Yang dimaksud dosa yang diampuni dalam hadis ini adalah dosa besar maupun kecil.

Walaupun bisa dilakukan sendiri, apabila salat tarawih dilakukan berjemaah, maka pahalanya seperti salat semalam penuh.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu Beliau bersabda :

"Siapa yang salat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini