Sukses

6 Aplikasi yang Harus Dipasang Saat Bulan Ramadan, Makin Rajin Ibadah

Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan amalan dan membantu menjalankan ibadah.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tentunya menjadi ajang untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Akan sangat merugi rasanya bila kamu tidak bisa memaksimalkan amalan dan ibadah yang pahalanya berlipat ganda di bulan Ramadan ini.

Sekarang ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka kamu sudah bisa mendapatkan bantuan dari mana saja untuk kepentingan ibadah. Tidak terkecuali dengan gadget atau smartphone lewat aplikasi.

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan amalan dan membantu menjalankan ibadah. Mulai dari pengingat untuk beribadah hingga pengetahuan atau ilmu agama sudah tersedia dalam bentuk digital di smartphone kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum, Selasa (14/5/2019) tentang aplikasi yang harus dipasang saat bulan Ramadan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla dan Al Quran Indonesia

1. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Aplikasi pertama yang harus kamu pasang di bulan Ramadan adalah Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla. Aplikasi ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam melaksanakan ibadah di bulan puasa ini.

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengingat waktu salat sesuai dengan daerah kamu tinggal. Selain itu, sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur lainnya yaitu, jadwal imsak dan fitur untuk menentukan arah kiblat.

2. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia merupakan aplikasi kedua yang wajib kamu pasang selama bulan Ramadan. Aplikasi ini membuat kamu bisa membaca Al Quran dimana saja dan kapan saja. Aplikasi Al Quran digital ini sudah dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan kabar baiknya lagi, sudah diverifikasi oleh Kementerian Agama.

Selain itu, ada juga fitur MP3 murottal dan dapat dibaca secara offline. Walaupun terdapat iklan pada aplikasi ini, tetapi saat kamu sedang membaca Al Quran, iklan tersebut tidak akan ada dan terletak di tempat yang tidak akan mengganggu.

3 dari 4 halaman

Masjid Terdekat dan Alarm

3. Masjid Terdekat

Seperti namanya, aplikasi satu ini berguna untuk menemukan masjid terdekat dengan tempatmu berada sekarang ini. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk secepatnya menemukan masjid terdekat dan bisa salat di awal waktu.

Selain itu, bila kamu sedang berada di tempat yang tidak biasa kamu kunjungi dan masih belum tahu di mana saja letak masjid di lokasi tersebut, maka aplikasi ini akan sangat membantu.

4. Alarmy- Alarm Clock with Missions & Loud Ringtones

Tentunya di bulan Ramadan ini kamu membutuhkan alarm untuk bangun sahur. Apalagi dengan pentingnya makan sahur yang menjaga tubuh kamu tetap berenergi saat berpuasa di siang harinya.

Bila tidak sempat melaksanakan sahur, kamu bisa saja terserang penyakit ataupun lemas dalam menjalani puasa. Untuk itulah, aplikasi alarm satu ini dibutuhkan. Dengan berbagai fitur unik dari alarm ini, kamu tidak akan melewatkan makan sahur lagi.

4 dari 4 halaman

Ensiklopedi Hadits dan Muslim Pro

5. Ensiklopedi Hadits – Kitab 9 Imam

Aplikasi satu ini akan sangat membantu kamu dalam meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW dengan begitu banyak hadits yang ditawarkan. Jumlah hadits yang ada di aplikasi ini mencapai 62 ribu hadits.

Apalagi aplikasi ini juga memiliki terjemahan Indonesia, membuat kamu akan semakin mudah mengerti tentang makna yang terkandung dalam hadits-hadits tersebut. Untuk kehidupan yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, aplikasi ini wajib kamu instal di smartphone kamu.

6. Muslim Pro Indonesia – Prayer Times, Azan & Quran

Aplikasi Muslim Pro Indonesia ini bisa dibilang paket lengkap aplikasi untuk beribadah umat islam. Kamu bisa mendapatkan jadwal buka dan imsakiyah Ramadan dari aplikasi ini.

Selain itu, Muslim Pro juga memiliki fitur lain seperti ayat-ayat Al Quran, pengingat jadwal salat, serta penentu arah kiblat. Jadi kamu perlu untuk memasang aplikasi ini untuk mendukung amalan dan ibadah yang kamu lakukan selama bulan Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini