Sukses

Libur Lebaran, Polda DIY Fokus Jaga Keamanan Objek Wisata

Pengamanan di objek wisata, termasuk arus lalu lintas menuju lokasi tersebut, menjadi prioritas aparat kepolisian saat libur Lebaran nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) akan memfokuskan pengamanan kawasan-kawasan objek wisata di empat kabupaten dan satu kota provinsi tersebut pada libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Nanti itu tempat wisata seperti di Gunung Kidul kemudian juga objek wisata lain yang di Yogyakarta itu semua ada, itu yang menjadi fokus pengamanan kita," ujar Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri di Kabupaten Bantul, seperti dilansir Antara, Selasa, 14 Mei 2019.

Dia mengatakan, pengamanan juga dilakukan di jalur menuju objek wisata tersebut. Mengingat, kata Ahmad, selama libur Lebaran, arus lalu lintas pada ruas jalan itu dipadati kendaraan pemudik yang berwisata.

Ia menjelaskan, pengamanan di objek wisata, termasuk arus lalu lintas menuju lokasi tersebut, menjadi prioritas aparat kepolisian.

Karena, kata dia, wilayah Yogyakarta akan menjadi tujuan pemudik setelah merayakan Lebaran, sehingga arus lalu lintas lebih padat dibanding saat mudik.

"Untuk arus Lebaran ini seperti biasanya, kalau Yogyakarta ini kan lebih kepada tempat tujuan orang mudik dan juga tempat tujuan untuk orang berwisata, jadi nanti (kepadatan) bukan pada saat arus mudiknya," ucap Ahmad.

"Akan tetapi justru (kepadatan arus) pada saat setelah Lebarannya atau pada hari H Lebaran itu sampai pada orang berdarmawisata," sambungnya.

Meski demikian, Ahmad menegaskan, pengamanan arus lalu lintas saat arus mudik Lebaran tetap menjadi perhatian kepolisian, terutama pada jalur utama mudik yang berbatasan dengan sejumlah kabupaten atau kota lainnya di Jawa Tengah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.