Tata Cara Salat Tahajud dan Manfaatnya yang Luar Biasa Bagi Umat Muslim

Oleh Husnul Abdi pada 17 Mei 2019, 08:20 WIB
Diperbarui 19 Mei 2019, 08:13 WIB
Keutamaan Sholat Tahajud

Liputan6.com, Jakarta Tata cara salat tahajud dan manfaatnya harus dipahami oleh umat muslim. Sebagai salah satu salat malam yang sangat istimewa dan luar biasa, sudah seharusnya kamu melaksanakan ibadah salat tahajud setiap harinya.

Apalagi di bulan puasa yang menyediakan banyak sekali berkah dan pahala. Pelaksanaan ibadah salat tahujud di malam hari menjadi semakin istimewa. Kamu bisa bangun tidur lebih awal sebelum makan sahur untuk melaksanakan ibadah salat tahajud terlebih dahulu di bulan puasa.

Tata cara salat tahajud dan manfaatnya sangat penting untuk dipelajari. Ibadah satu ini walaupun secara hukum merupakan ibadah sunah, namun sangat dianjurkan melaksanakannya dalam agama islam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/5/2019) tata cara salat tahajud dan manfaatnya.

2 of 4

Tata Cara Salat Tahajud

Dengan memahami tata cara Salat Tahajud dan manfaatnya bagi kamu sebagai umat muslim, kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, sang pencipta alam semesta. Secara umum, tata cara salat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunah lainnya.

Kamu diwajibkan untuk suci dari hadats kecil maupun hadats besar sebelum salat, suci badan, pakaian dan tempat dari najis. Lalu tidak lupa juga menutup aurat dan menghadap kiblat. Bahkan bila sebelum tidur kamu berniat untuk melaksanakan salat tahajud, tetapi kamu tidak terbangun, kamu masih tetap mendapat pahalanya. Mengenai jumlah rakaatnya, salat tahajud dikerjakan dua rakat salam, dua rakaat salam.

Nabi Muhammad SAW biasanya melaksanakan salat tahajud 11 rakaat termasuk witir, dan kadang 13 rakaat termasuk witir. Kamu bisa melaksanakan tata cara salat tahajud dan manfaatnya secara langsung seperti salat sunah dua rakaat pada umumnya.

3 of 4

Keutamaan dan Manfaat Salat Tahajud

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud (Ilustrasi: Pinterest)

Dengan mengenal tata cara salat tahajud dan manfaatnya bagi seluruh umat islam, maka kamu harus melaksanakan ibadah satu ini dengan rutin. Apalagi manfaat-manfaat yang kamu dapatkan sangatlah luar biasa dengan menjalankan salat tahajud ini.

1. Salat Sunah yang Paling Utama

Diantara Salat sunah lainnya, sholat tahajud merupakan sholat sunah yang paling utama. Salat yang disebut juga dengan qiyamul lail menjadi salat sunanyang paling utama, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya:

 “Salat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

2. Kunci Masuk Surga

Bagi kamu yang telah memahami tata cara salat tahajud dan manfaatnya tentunya sudah mengetahui juga kalau salat tahajud adalah salah satu kunci untuk masuk surga. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabada, yang artinya:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Jadi untuk kamu yang ingin masuk surga, selain menyebarkan salam, memberi makan orang yang membutuhkan, serta menyambung silaturrahim, kamu harus tahu tata cara salat tahajud dan manfaatnya agar bisa melaksanakan salat malam ini, dan mendapatkan nikmat masuk surga.   

3. Doanya Dikabulkan

Doa orang yang mengerjakan salat tahajud insyaAllah akan dikabulkan Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

4.  Kedudukan Terpuji

Orang-orang yang melaksanakan ibadah salat tahajud yang tentunya mengerti tentang cara salat tahajud dan manfaatnya akan mendapatkan tempat atau kedudukan yang terpuji. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 79, yang artinya:

 “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

 

4 of 4

Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud

5. Kemuliaan dan Kewibawaan

Tidak hanya mendapatkan kedudukan yang terpuji di akhirat kelak, orang-orang yang selama hidupnya rutin menjalankan ibadah salat tahajud akan mendapatkan kedudukan yang mulia juga di dunia.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

6. Kebiasaan Orang Saleh

Salat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara salat tahajud dan manfaatnya bagi diri mereka. Maka, bila kamu juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kamu juga termasuk orang yang saleh.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

Seperti hadits tetang kebiasaan orang saleh sebelumnya, juga disebutkan bahwa ssholat malam merupakan ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa. Dengan menjalankan tata cara salat tahajud dan manfaatnya pun bisa kamu dapatkan. Dosa dosa kecil yang pernah kamu perbuat menjadi berguguran.

8. Menolak Penyakit

Selanjutnya, salat tahajud juga bisa menolak penyakit. Orang-orang yang mengamalkan salat sunah ini akan dijaga kesehatannya dan diajuhkan penyakit daripadanya, dengan izin Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by