Sukses

3 Aplikasi Alquran untuk Pelengkap Ibadah di Bulan Ramadan

Berikut tiga aplikasi Alquran yang bisa dijadikan pilihan sebagai pelengkap ibadah Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk mensucikan diri dan memperbanyak ibadah karena pahalanya berlimpat ganda. Salah satu ibadah yang dianjurkan adalah membaca ayat suci Alquran.

Saat ini kamu bisa membaca Alquran di mana pun dan kapan pun melalui smartphone. Salah satu caranya adalah dengan mengunduh aplikasi Alquran.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membawa Alquran ke mana pun kamu pergi. Terlebih, saat ini sudah banyak aplikasi Alquran yang bisa kamu unduh secara gratis.

Berikut ini tiga aplikasi Alquran yang bisa dijadikan pilihan sebagai pelengkap ibadah Ramadan.

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi Alquran ini berisi 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan. Menariknya, kamu bisa membaca Alquran di apikasi ini secara offline dengan tampilan antarmuka yang user friendly.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur audio, jadwal salat, imsakiyah termasuk alarm adzan, dan arah kiblat.

Al Quran Indonesia. Dok: play.google.com

Sayangnya, di aplikasi Al Quran Indonesia terdapat iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Alquran.

Pun demikian, seluruh fiturnya gratis, dimana hasil pendapatan dari iklan akan dipakai untuk mengembangkan aplikasi ini.

Jika ingin tidak ada iklan, kamu bisa melakukan donasi sebesar Rp 20.000. Pengembang aplikasi ini mengklaim, donasi akan masuk ke sistem Google. Uang yang diterima dari Google seluruhnya (100 persen) akan disumbangkan untuk anak-anak yatim dan duafa.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Al'Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi ini menyediakan teks bacaan Alquran dalam bahasa Indonesia. Al'Quran Bahasa Indonesia juga menyuguhkan fitur audio manager yang akan memudahkan kamu untuk mendownload atau pun menghapus bacaan.

Kamu pun dapat memilih salah satu dari tiga modus kontras agar nyaman saat membaca, yaitu Standar, Hijau, atau Hitam Putih.

Disediakan pula warna tajwid untuk membantu membaca Alquran (hanya 2 surah pertama yang tersedia di versi gratis).

 

3 dari 3 halaman

3. Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi ini adalah alat bantu belajar Alquran untuk semua kalangan, yang mencakup pemutaran audio ayat per ayat dengan fungsi-fungsi pengulangan.

Juga terdapat tafsir Ibnu Katsir, kode tajwid berwarna, analisis kata per kata dan terjemahan, indeks Al Quran, penulisan catatan, serta penanda-bacaan sesuai keinginan dan penyelarasannya.

Juga tersedia fitur catatan sederhana dengan penyelarasan, fitur pencarian, tampilan beberapa terjemahan sekaligus, bermacam-macam tema dan jenis huruf, dan masih banyak lagi.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini