Sukses

8 Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW Saat Buka Puasa, Sebagian Besar Buah

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW saat buka puasa banyak didominasi oleh buah-buahan.

Liputan6.com, Jakarta Sudah semestinya umat Islam meneladani semua sikap-sikap kebaikan Nabi Muhammad SAW. Bahkan dalam pilihan makanan favorit Nabi Muhammad SAW dapat juga dijadikan teladan dan referensi untuk semua umat muslim.

Apalagi makanan favorit Nabi Muhammad SAW ini merupakan makanan sehat yang mengandung banyak kebaikan untuk tubuh. Di bulan puasa Ramadan ini, berbuka tentunya akan lebih nikmat dan sehat bila kamu meniru kebiasaan Nabi Muhammad SAW.

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW saat buka puasa banyak didominasi oleh buah-buahan. Hal ini tentunya karena memang buah-buahan merupakan sumber nutrisi dan sumber kesegaran yang sangat cocok menjadi teman berbuka puasa.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat buka puasa dari berbagai sumber, Senin (13/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW Saat Buka Puasa

1. Kurma

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kurma merupakan makanan anjuran Nabi Muhammad SAW. Konsumsi kurma saat berbuka disarankan untuk mengonsumsi dengan jumlah ganjil.

Dengan kandungan gula yang alami membuat kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi dengan rasa manis yang enak, kurma juga membuat perut kenyang lebih lama.

2. Anggur

Anggur menjadi salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Hal ini tidak mengherankan karena anggur memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Apalagi dengan kandungan vitamin C dalam buah anggur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kamu menjadi semakin kuat selama berpuasa. Soal rasa tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, anggur memang sangat enak dan juga menjadi buah favorit banyak orang.

3 dari 5 halaman

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW Saat Buka Puasa

3. Madu

Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa dapat menjaga kadar gula darah dan sangat baik untuk kesehatan. Rasanya yang manis juga sering dijadikan sebagai pengganti gula yang tentu lebih sehat.

Selain itu, saat puasa kamu bisa menghindari terserang sembelit dan diare akibat makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur.

4. Susu

Susu tidak hanya menjadi menur berbuka puasa Nabi Muhammad SAW, tetapi juga saat sahur. Dengan kandungan vitamin di dalam susu dapat menjaga kebugaran tubuh kamu seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsum yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4 dari 5 halaman

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW Saat Buka Puasa

5. Buah Zaitun

Zaitun memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu hadits menjelaskan tentang manfaat buah zaitun untuk manusia, yang berbunyi,

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda," makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Jadi dengan hadits di atas sudah jelas tentunya bagaimana manfaat dan berkah yang ada pada buah zaitun.

6. Buah Tin

Buah ara atau buah tin sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW, dan beliau pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji. Manfaatnya yang sangat banyak seperti dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul, dan lambung membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

5 dari 5 halaman

Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW Saat Buka Puasa

7. Buah Delima

Buah Delima merupakan salah satu daftar buah surga, yang tercantum pada sura Ar-Rahman ayat 86 yang artinya,

"di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya.

8. Buah Labu

Khasiat labu yang sangat baik untuk kesehatan merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat berbuka. Apalagi dengan kandungan air yang mencapai 97 persen pada buah labu, membuatnya dapat menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini