Jadwal Imsak Hari Ini Selasa 14 Mei 2019 dan Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Oleh Nisa Mutia Sari pada 13 Mei 2019, 19:00 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Selasa 14 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Maka tidak heran, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan membutuhkan jadwal imsak setiap harinya. Imsak merupakan waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahurnya.

Kalau kamu sudah mengetahui jadwal imsak hari ini Selasa 14 Mei 2019, kamu dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur. Perbedaan zona waktu ini menjadikan jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Oleh karena itu, penting banget untuk mengetahui jadwal imsak sesuai dengan daerah tempat kamu melakukan santap sahur.

Agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Selasa 14 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini, Selasa 14 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Selasa (14/5/2019).

2 of 4

Doa Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala

Niat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan di beberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

3 of 4

Jadwal Imsak Hari Ini Selasa 14 Mei 2019

Jadwal Imsak Hari Ini
Sahur / Sumber: iStockphoto

Berikut jadwal imsak hari ini Selasa 14 Mei 2019, 9 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Yogyakarta: 04.13 WIB

Solo: 04.11 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Aceh: 04.55 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.44 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Balikpapan: 04.39 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.41 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

4 of 4

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Jadwal Imsak Hari Ini
Kurma / Sumber: iStockphoto

Tidak hanya untuk berbuka puasa, manfaat kurma untuk sahur memiliki banyak keutamaan diantaranya dapat membentuk energi dalam tubuh yang cocok dijadikan sebagai energi saat berpuasa. Kurma bisa kamu jadikan sebagai kudapan tambahan setelah mengonsumsi makanan pokok setelah nasi.

Kandungan meineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zink ini dapat ditemukan di kurma. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A, dan vitamin K. Adanya kandungan ini, kurma dapat mengobati beberapa penyakit. Berikut manfaat kurma untuk kesehatan tubuhmu.

Meredakan Sembelit

Kurma sering disebut sebagai makanan pencahar, dan karena alasan ini, banyak penderita sembelit memakannya. Jika kamu ingin mendapat efek pencahar secara penuh, rendam kurma di dalam air semalaman, kemudian konsumsilah kurma tersebut sebagai makanan pertama di pagi hari.

Kurma memiliki kandungan serat larut yang tinggi, dan hal itu sangat penting karena dapat mendorong pergerakan usus yang sehat dan juga melancarkan pergerakan makanan melalui usus. Pada akhirnya, proses ini dapat meringankan gejala sembelit.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Kurma adalah buah yang dapat menyehatkan jantung. Ketika kurma direndam selama semalaman, dihancurkan pagi harinya, dan segera dikonsumsi, kurma diketahui memiliki efek positif pada jantung yang lemah. Kurma memiliki banyak kandungan potassium di dalamnya, yang telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung, seperti stroke.

Selain itu, kurma juga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL, yang terbukti memiliki kontribusi terhadap serangan jantung dan stroke. Jika kamu ingin membuat jantungmu menjadi lebih sehat, maka kamu disarankan untuk mengonsumsi kurma sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Membuat Tulang Lebih Kuat

Buah-buahan kering biasanya sangat baik untuk membuat tulangmu menjadi lebih kuat. Terutama karena ada banyak kandungan mineral di dalamnya. Kurma dapat melawan penyakit yang melemahkan tulang, misalnya osteoporosis.

Varietas organiknya mengandung mineral seperti tembaga, selenium, mangan, dan magnesium.Semua mineral ini penting untuk kekuatan dan perkembangan tulangmu. Terutama saat usiamu bertambah dan tulangmu mulai melemah.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓