Sukses

Quraish Shihab: Alquran Menganjurkan Orang Memberi Maaf

Lalu bisakah memaafkan mereka yang telah berbuat jahat pada kita? Bisa bila Anda mau.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan maaf? Maaf adalah menghapus bekas luka di hati. 

Menurut cendekiawan muslim sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran, Quraish Shihab, hampir tidak ditemukan dalam Alquran perintah untuk meminta maaf. Karena meminta maaf tidak perlu diperintahkan. Karena maaf hanya datang jika seseorang menyadari kesalahannya, sehingga dengan tulus memintanya.

Jika tidak ditemukan perintah untuk meminta maaf, lalu apa yang ada dalam Alquran? Aquran menganjurkan memberi maaf. 

Dalam Alquran Allah berfirman,"Tidak maukah kamu Allah mengampuni kamu. Maafkanlah orang lain agar Allah pun mengampuni kamu. Allah pun memaafkan kamu."

Lalu bisakah memaafkan mereka yang telah berbuat jahat pada kita? Bisa bila Anda mau.

Quraish Shihab menyontohkan seorang guru agama berasal dari Thailand yang memaafkan pembunuh anaknya. Saat pelaku diadili, dia memeluknya. 

Sang ibu lalu berkata,"Saya memaafkan, karena agama saya Islam menganjurkan untuk memberi maaf."

Lantas, bagaimana kita bisa memaafkan orang lain?

Pertama, sadarlah bahwa kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dapat kita lakukan bahkan lebih besar dari kesalahan itu. Dan jika kita ingin dimaafkan, sewajarnya kita pun memaafkan orang lain.

Kedua, ketahuilah benih-benih kebaikan pada diri manusia jauh lebih banyak dari benih keburukan. Jika kita mampu memaafkan, maka kita menumbuhsuburkan benih-benih tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.