Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Senin 13 Mei 2019 dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Jadwal imsak hari Senin 13 Mei 2019 dan minuman yang sebaiknya kamu konsumsi saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini, Senin 13 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Maka tidak heran, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan membutuhkan jadwal imsak setiap harinya. Imsak merupakan waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahurnya.

Kalau kamu sudah mengetahui jadwal imsak hari ini Senin 13 Mei 2019, kamu dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur. Perbedaan zona waktu ini menjadikan jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Oleh karena itu, penting banget untuk mengetahui jadwal imsak sesuai daerah tempat kamu melakukan santap sahur.

Agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengethaui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Senin 13 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini, Senin 13 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Senin (13/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari Ini Senin 13 Mei 2019

Berikut jadwal imsak hari ini Senin 13 Mei 2019, 8 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Yogyakarta: 04.13 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Aceh: 04.54 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.44 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Balikpapan: 04.39 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.40 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

3 dari 4 halaman

Doa Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala

Niat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

4 dari 4 halaman

Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Sahur

Air Putih

Minum terlalu banyak air putih ternyata juga tidak baik, loh. Hal ini akan menyebabkan kondisi lambung menjadi penuh. Oleh karena itu, ketika berpuasa kamu disarankan untuk selalu minum dua liter sehari. Dimana ada pembagiannya seperti, dua gelas yang dikonsumsi saat sahur, dua gelas yang dikonsumsi saat buka puasa, dan empat dikonsumsi saat malam hari.

Alangkah lebih baiknya juga mengonsumsi air putih hangat yang tentunya baik untuk badan kamu.

Air Kelapa Murni

Selain air putih, saat sahur kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa namun dengan catatan tidak menambahkan gula di dalamnya. Hal ini untuk menghindari penumpukan gula pada tubuh. Dimana tidak baik dilakukan, karena tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak gula. Ya, air kelapa ini sangat baik untuk membantu gangguan pencernaan seperti sakit maag.

Susu Rendah Lemak

Kamu juga mengonsumsi susu, namun disarankan untuk minum susu dengan tingkat lemak yang rendah. Susu rendah lemak ini bisa bantu kamu agar tetap fit selama menjalankan puasa. Pemilihan susu dengan kadar lemak rendah ini dikarenakan kandungan gulanya yang tidak terlalu banyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini