Sukses

Haikal Kamil Bersyukur, Bisnis Lancar di Bulan Ramadan

Selebritis dan Chief Marketing Officer PT Kals Corpora, Haikal Kamil merasa spesial pada bulan Ramadan 2019 ini.

Liputan6.com, Jakarta Selebritis dan Chief Marketing Officer PT Kals Corpora, Haikal Kamil merasa spesial pada bulan Ramadan 2019 ini. Meski kerap terlihat lembur, Haikal senang.

Alasannya, permintaan baju lebaran di tahun ini semakin banyak." Usaha di bidang fesyen muslim paling padat di bulan ini, makanya saya bersyukur ada lagu Baju Baru Alhamdulillah," ucap Haikal, saat di Dream Camp, Jakarta Pusat, Sabtu 11 Mei 2019.

Haikal mencontohkan, selama Ramadan penjualan produk Zaskia Mecca miliknya meningkat pesat. Terutama, penjualan melalui toko offline.

" Menurutku offline belum tergantikan ZM memang," ucap dia.

Selama Ramadan, kata dia, penjualan melalui toko offline mengubah jumlah toko. Bekerja sama dengan department store terkemuka, toko miliknya bertambah hingga 100 toko, dari sebelumnya 60 hingga 80-an toko.

" Memang habit orang Indonesia ke toko, ke pasar, tak tergantikan, ngajak jalan bereng keluarga dan beli baju bareng-bareng," ucap dia.

Penjualan di toko online pun juga punya kenaikan. Tapi, kata dia, memang tak sebesat toko offline.

Ramadan, kata Haikal, memang menjadi 'musim panen' produknya. Sebanyak 50 persen produknya terjual di bulan suci ini.

Dikenal sebagai selebritis, Haikal Kamil membuktikan diri sebagai pengusaha yang brilian. Dia kini berposisi sebagai Chief Marketing Officer PT Kals Corpora.

Unit usaha yang mewadahi merek hijab ternama, Mechanism, ZM, dan Bia. Tapi, langkah itu tidak mudah.

" Pertama kali saya jualan kaos di Java Jazz, itu tugas mengumpulkan uang untuk prom night kakak kelas," ujar Haikal, saat membagikan pengalamannya, di acara Dream Camp, di Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2019.

Keputusan membangun bisnis dengan keluarga ini, kata dia tak mudah. Keputusan itu dia buat ketika ekonomi keluarganya menurun.

Satu buah mobil, terpaksa dijual oleh sang ibu untuk membiayai kuliahnya.

Setelah memahami kondisi keuangan keluarganya, Haikal merelakan rasa malu dan ejekan orang.

" Kalahkan rasa malu," ucap dia.

Dia tetap membuat bisnis jualan kaos konser. Dia membidik sejumlah konser artis luar negeri, semisal Maroon 5, Justin Bieber, dan Bruno Mars.

" Ingat kenapa kita harus berjualan, tujuan jelas, kalau nggak jualan saya nggak kuliah. Itu bagian dari proses," kata dia.

Kepada pengunjung Dream Camp, Haikal mengajak untuk pebisnis pemula terus berbisnis secara konsisten. (Maulana Kautsar/Dream)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.