MUI Pertanyakan Manfaat Rambut Nabi Muhammad SAW yang Dibawa Opick

Oleh Fitri.Syarifah pada 12 Mei 2019, 04:00 WIB
Opick

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini Opick mengaku membawa sehelai rambut Nabi Muhammad SAW dari Turki. Musisi religi ini pun mengaku telah mendapat sertifikasi dari Dewan Ulama Thariqah Internasional. Tentu saja kabar ini disambut bahagia, namun tak sedikit pula yang mempertanyakan keaslian hal ini.

Yunahar Ilyas selaku wakil ketua Majelasi Ulama Indonesia mempertanyakan asal dan manfaat sehelai rambut yang diklaim Opick milik Baginda Rasul ini. 

"Kalaupun iya itu rambut Nabi, lalu untuk apa? Pertanyaannya untuk apa? Kalau baju, sandal, serban, dan sejenisnya bisa dilihat aspek budayanya. Nah, rambut untuk apa?" ujar Yunahar dilansir dari detik.com.

Bagi perwakilan MUI ini peninggalan Rasulullah SAW kepada umat hanyalah Alquran dan As-Sunnah. Lebih lanjut Yunahar meminta masyarakat lebih kritis menanggapi hal ini.

"Ya Nabi mengatakan, 'Aku tidak mewariskan apa-apa kecuali Alquran dan As-Sunnah.' Yang penting itu bukan rambut atau warisan fisik Nabi, tapi Alquran dan As-Sunnah," ujar Yunahar, yang juga Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tabligh.

Menurut penjelasan Opick, rambut yang ia bawa ini dari Turki. Sehelai rambut yang ia bawa ini merupakan pemberian seorang Syekh. Menggelar jumpa persi di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (7/5), Opick mengatakan baru tiba dari Turki untuk mengambil sehelai rambut Nabi.

Kedatangan Opick itu langsung disambut banyak pihak. Salah satunya Derry Sulaiman yang menangis haru saat melihat rambut nabi.

Terkait sorotan dari MUI ini, Kapanlagi.com masih akan mengkonfirmasi lebih lanjut, baik ke pihak terkait maupun Opick sendiri. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)