Jadwal Imsak Hari ini Minggu 12 Mei 2019 dan Makanan yang Tak Baik Buat Sahur

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 12 Mei 2019, 02:40 WIB
makan sahur

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Minggu 12 Mei 2019 adalah waktu yang penting diketahui bagi umat Muslim yang menjalankan puasa Ramadan. Imsak adalah waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahur.

Dengan mengetahui jadwal imsak hari ini Minggu 12 Mei 2019, Anda dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur.

Dikarenakan perbedaan zona waktu, jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Maka dari itu penting mengetahui jadwal imsak sesuai daerah tempat Anda melakukan santap sahur.

Nah agar tidak telat saat santap sahur hari ini, sudah sebaiknya Anda mengetahui jadwal imsak hari ini Minggu 12 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini Minggu 12 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Minggu (12/5/2019).

2 of 5

Jadwal Imsak Hari ini Minggu 12 Mei 2019

Ilustrasi Jadwal Imsak
Ilustrasi Jadwal Imsak

Berikut ini jadwal imsak hari ini Minggu 12 Mei 2019, 7 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

1. Kota Jakarta: 04:25 WIB.

2. Kota Bandung: 04:23 WIB.

3. Kota Surabya: 04:03 WIB.

4. Kota Medan: 04:45 WIB.

5. Kota Palembang: 04:30 WIB.

6. Kota Yogyakarta: 04:13 WIB.

7. Kota Solo: 04:13 WIB.

8. Kota Semarang: 04:12 WIB.

9. Kota Malang: 04:04 WIB.

10. Denpasar: 04:55 WITA.

11. Makassar: 04:34 WITA.

12. Palu: 04:27 WITA.

13. Ambon: 04:57 WIT.

3 of 5

Niat Puasa Ramadan

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun sebagian ada juga yang melakukan niat ibadah puasa setelah shalat tarawih. Berikut niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala

Niat puasa ramadan sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah Nabi Muhammad SAW. Niat puasa dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini)

4 of 5

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur

[Bintang] Sering Lemas Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya
Atur Makanan Selama Berbuka Puasa ataupun Sahur. (Ilustrasi: iStockphoto)

Makan sahur berguna bagi tubuh untuk memasok energi dan sumber makanan selama seharian menjalankan ibadah puasa. Agar kerja tubuh lebih optimal, dibutuhkan makanan bernutrisi dan sehat saat sahur.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan ini dihindari bukan tanpa alasan, jenis makanan ini dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi, lapar, dan kurang fit. Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat sahur:

Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas kerap membuat perut menjadi tidak nyaman karena memicu peningkatan asam lambung. Anda mungkin juga bisa merasakan nyeri perut, mulas, kembung, bahkan diare. Selain itu, sebaiknya menghindari makanan berlemak tinggi saat sahur, karena akan memperlambat peredaran darah.

Makanan Asin

Makanan asin meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menambahkan banyak garam pada makanan serta menjauhi makanan dengan salinitas tinggi, seperti ikan asin dan acar.

Karena Anda berpuasa selama berjam-jam, Anda juga disarankan untuk makan lebih sedikit natrium, yang bisa membantu Anda mengurangi tekanan darah. Konsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi hanya akan membuat Anda merasa cepat haus saat berpuasa.

 

5 of 5

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur

Mi Instan

Kebiasaan mengonsumsi mi instan saat sahur tidak baik bagi tubuh. Mi instan mempunyai kandungan natrium atau garam yang tinggi sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini juga berlaku pada makanan kaleng, seperti sarden, sosis, dan kornet. Semuanya itu memiliki kandungan garam tinggi.

Gula Sederhana

Makanan dengan kandungan gula sederhana seperti kue, biskuit, cokelat, cake, dan permen, sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan ini memiliki kandungan gula sederhana yang cepat berubah menjadi energi, sehingga tidak akan mampu memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Minuman diuretik

Minuman teh dan kopi juga lebih baik tidak dikonsumsi saat sahur. Hal ini karena keduanya bersifat diuretik yang dapat mengakibatkan tubuh terangsang untuk mengeluarkan air dengan frekuensi yang lebih sering. Akibatnya tubuh menjadi kehilangan banyak air, sehingga akan lebih mudah merasa lelah dan letih.

Lebih disarankan untuk makan sayuran dan buah-buahan segar di malam hari dan saat makan sahur. Hal ini karena buah dan sayur mengandung banyak air dan serat yang bertahan lama di usus yang akan mengurangi rasa lapar dan haus.

Lanjutkan Membaca ↓