Bantu Anak Beribadah di Ramadan dengan 3 Aplikasi Ini

Oleh Jeko I. R. pada 12 Mei 2019, 01:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 22:13 WIB
Anak Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi bagi anak-anak tak jarang diidentikkan dengan aplikasi dalam bentuk gim (game). Namun nyatanya ada banyak aplikasi yang dapat menjadi sarana pembelajaran, termasuk pendidikan agama.

Untuk itu, tak ada salahnya mulai memanfaatkan aplikasi untuk membantu anak belajar agama. Apalagi, bersamaan dengan bulan Ramadan, tentu saat ini adalah waktu yang tepat bagi para orang tua mulai mengajarkan anak-anak beribadah.

Liputan6.com merangkum tiga aplikasi yang dapat membantu anak-anak untuk mulai belajar agama Islam, mulai dari doa, wudu, hingga membaca Alquran.

Ketiganya berasal dari satu pengembang yang sama dan sudah dapat diunduh secara cuma-cuma di Google Play Store dan App Store.

1. Muslim Kids Series: Wudu

Aplikasi Muslim Kids Series: Wudu (sumber: googleplaystore.com)Sesuai namanya, aplikasi ini membantu anak-anak yang ingin mulai belajar wudu. Aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur dan instruksi menarik untuk memudahkan anak-anak belajar berwudu.

Setiap langkah dalam berwudu digambarkan dalam ilustrasi menarik. Tak hanya itu, aplikasi ini juga disertai panduan suara untuk doa dan referensi hadis-hadis.

2 of 3

Selanjutnya

2. Muslim Kids Series: Dua

Aplikasi Muslim Kids Series: Dua (sumber: googleplaystore.com)Aplikasi ini ditujukan bagi anak-anak yang mulai ingin belajar berdoa. Melalui aplikasi ini anak-anak dapat mengetahui bacaan doa ketika akan melakukan kegiatan. Selain tulisan, ada pula suara panduan untuk memudahkan anak-anak belajar.

Ilustrasi yang ditampilkan dalam aplikasi ini juga dibuat menarik. Ada tiga pilihan bahasa yang ada di aplikasi ini, yakni Arab, Inggris, dan Indonesia. Uniknya, ada tambahan tab Favourite untuk menyimpan doa-doa yang ingin disimpan.

3. Muslim Kids Series: QuranAplikasi Muslim Kids Series: Quran (sumber: googleplaystore.com)Aplikasi ini berisi 22 surat pendek Alquran yang dilengkapi pemandu audio dengan suara anak-anak. Ada pula Tajwid berwarna untuk membantu pelafalan yang lebih tepat.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan terjemahan dalam 16 bahasa, seperti Inggris, Indonesia, Tiongkok, Perancis, Belanda, Jerman, India, Kurdi, Melayu, Rusia, Thailand, Turki, Urdu, Uighur, Bengali, dan Sindhi.

(Jek/Isk)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓