Sukses

Cerita Mohammad Ahsan, Tetap Puasa meski Latihan Keras Jelang Piala Sudirman 2019

Mohammad Ahsan akan turun di nomor ganda putra pada Piala Sudirman 2019 yang berlangsung di China 19-26 Mei mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan tetap menjalani ibadah puasa Ramadan di tengah latihan persiapan menjelang kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman yang akan digelar di Nanning, China, 19-26 Mei 2019.

"Saya baru latihan hari ini, Insya Allah saya coba (puasa), yang penting kan niatnya dulu," ujar Ahsan saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, seperti dilansir Antara.

Meski berpuasa, katanya, tidak ada perubahan jadwal latihan. Mohammad Ahsan dan pasangannya Hendra Setiawan yang pekan lalu meraih gelar di Selandia Baru, akan memperkuat tim Merah Putih di Piala Sudirman.

Berbeda dengan Mohammad Ahsan, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa saat Ramadan kali ini.

"Enggak (puasa) hari ini. Kemarin coba setengah hari puasa, habis itu malamnya agak lemes gitu," kata Rian.

Hal senada juga disampaikan Fajar jelang Piala Sudirman 2019. Dia mengatakan akan berpuasa pada hari libur, Sabtu dan Minggu. Fajar berencana untuk mengganti puasa usai Lebaran nanti.

"Bingung juga. Kita berpuasa, di sisi lain kewajiban kita sebagai atlet harus menjaga kondisi. Hari lain saat latihannya padat mungkin kita enggak puasa, bukannya enggak mau puasa, tapi stamina kita persiapkan," ujar Fajar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikan Kebebasan

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan PBSI memberikan kebebasan kepada semua atlet untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Namun, Susy berharap para atlet bersikap profesional, mengetahui kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri agar tidak sakit.

"Karena kita tahu ini tugas negara, kita tahu atlet itu harus profesional, harus tanggung jawab, harus mengerti kondisi diri masing-masing pribadi. Kita kembalikan lagi ke atletnya masing-masing," ujar Susy.

3 dari 3 halaman

Tim Teratas

Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga pada kejuaraan Piala Sudirman pada 19-26 Mei di Nanning China. Pada babak penyisihan grup, Indonesia akan menghadapi tim Denmark dan Inggris. Dua tim teratas lolos ke perempat final.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.