Sukses

Tips Lancar Menjalankan Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung bisa tetap menjalankan puasa dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan tiba, terdapat salah satu golongan orang yang memerlukan perhatian ekstra. Orang tersebut adalah mereka yang menderita asam lambung. Kalau kamu penderita asam lambung, tidak ada salahnya sebelum puasa mulai melatih diri untuk menahan lapar. Atau bisa juga mencari makanan yang cocok untuk dikonsumsi agar tetap bisa melakukan aktivitas dengan normal sepanjang hari.

Penyakit asam lambung ini bisa kapan saja muncul, saat penyebabnya yang tiba-tiba datang. Ketika asam lambung sedang kambuh, penderita biasanya akan mengeluhkan rasa terbakar dan panas di bagian ulu hati. Rasa sakit tersebut juga umumnya disertai dengan adanya mual dan kesulitan untuk menelan makanan.

Buat kamu yang memiliki penyakit asam lambung, namun tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar tanpa ada halangan rasa sakit yang muncul, berikut Liputan6.com, Jum’at (10/5/2019) telah merangkum tips menjalankan puasa agar tetap lancar bagi penderita asam lambung. Telah dirangkum dari berbagai sumber, begini tips mudah agar puasa tetap lancar dengan menderita asam lambung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Asam Lambung

Berbuka dengan Kurma Terlebih Dahulu

Saat waktu berbuka tiba, langsung konsumsi air putih dan buah kurma. Hal ini guna perut kamu menerima makanan dengan tekstur lembut terlebih dahulu.

Lanjutkan dengan Makan Nasi

Setelah berbuka dengan kurma dan air putih, kamu bisa melanjutkannya dengan makan nasi dengan lauk yang tidak pedas dan asam. Pastikan untuk tidak makan terlalu kenyang saat berbuka.

3 dari 4 halaman

Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Asam Lambung

Dilanjutkan dengan Minum Yogurt

Setelah beberapa saat, kamu bisa mengonsumsi yogurt. Dengan mengonsumsi yogurt ini guna menjaga keberadaan bakteri baik di dalam perut. Untuk mencegah jika ada rembesan asam lambung, maka tidak akan menyebabkan diare.

Selain mengonsumsi yogurt, kamu juga bisa melanjutkannya dengan makan buah-buahan seperti melon, mangga, dan pepaya.

Minum Segelas Air Sebelum Tidur

Saat kamu ingin tidur, sekitar setengah jam sebelum tidur, kamu bisa minum segelas air. Hal ini berfungsi untuk menjaga perut agar tetap dalam kondisi nyaman dan rileks saat tidur.

4 dari 4 halaman

Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Asam Lambung

Sahur dengan Nasi, Oatmeal, dan Susu Coklat

Untuk menu sahur, kamu bisa makan nasi seperti biasanya. Kemudian dilanjutkan dengan minum segelas susu coklat panas yang ditambahkan dengan beberapa sendok oatmeal. Hal ini berguna untuk menjaga perut saat menjalankan puasa.

Hindari Stress

Sebisa mungkin kamu menghindari stress. Soalnya, saat kamu sedang stress, asam lambung juga ikut menyerang. Kamu bisa mengatur pola stress dengan cara kamu sendiri, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini