Doa di Bulan Puasa yang Harus Diketahui, Disertai Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir

Oleh Husnul Abdi pada 14 Mei 2019, 04:30 WIB
Diperbarui 14 Mei 2019, 04:30 WIB
Ilustrasi berdoa

Liputan6.com, Jakarta Doa di bulan puasa mencakup banyak hal. Tidak hanya doa berbuka puasa ataupun niat berpuasa harian, namun banyak doa-doa lainnya yang sering diucapkan ketika bulan Ramadan datang.

Apalagi dengan adanya ibadah-ibadah sunah lainnya seperti salat malam yang hanya ada saat bulan Ramadan datang. Doa di bulan puasa bertambah besar cakupannya dengan doa salat tarawih serta doa salat witir.

Doa di bulan puasa sangat istimewa karena tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Hal ini terjadi karena berdoa saat sedang beribadah, terutama saat kamu berpuasa sampai waktunya berbuka karena kamu sedang beribadah kepada Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019) tentang doa di bulan puasa.

2 dari 5 halaman

Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Niat puasa merupakan salah satu doa di bulan puasa yang harus kamu ucapkan setiap harinya. Begini niat puasa Ramadan yang merupakan doa di bulan puasa:  

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa di bulan puasa yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa.

Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa di bulan puasa ramadan ini.

3 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa
(Foto: Getty Image) Ilustrasi buka puasa.

Doa buka puasa tentunya tidak bisa dilepaskan dari doa di bulan puasa. Doa buka puasa sangat penting diucapkan sebelum berbuka sebagai wujud rasa syukur kamu terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT. Doa di bulan puasa satu ini mungkin sudah sering kamu dengan di televisi ketika datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa berbuka puasa ini harusnya sudah kamu hafal karena selain sering didengar di televisi atau radio, tentunya doa ini juga sudah diajarkan di sekolah.

4 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Tarawih (Diikuti Seluruh Jamaah)

Doa Setelah Salat Tarawih
Doa Setelah Salat Tarawih (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Asyhadu alla ilaha illallah, Astaghfirullah, as alukal jannata wa a’udzubika minan naar, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni (3X)

Artinya: “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah selain Allah, aku mohon ampun kepada Allah, sesungguhnya aku memohon surga kepadaMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka, Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.”

Salah satu doa di bulan puasa yang sudah tidak asing lagi yaitu doa setelah salat tarawih. Doa setelah salat tarawih ini selalu kamu dengar antara dua salat tarawih, serta setelah salat tarawih sebelum salat witir. Biasanya doa ini diucapkan bersama-sama seluruh jamaah di masjid dipimpin oleh imam atau seseorang di barisan depan.

Masih banyak orang orang yang belum mengetahui doa di bulan puasa satu ini, sehingga hanya terdiam saja saat semua orang mengucapkannya bersama-sama. Dengan selalu datang ke masjid setiap harinya, kamu bisa selalu mendengar dan akhirnya bisa hafal doa setelah salat tarawih ini.

5 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Witir (Diikuti Seluruh Jamaah)

Doa di Bulan Puasa
Berdoa / Sumber: iStockphoto

Subhanal malikil qudduus (3x), Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, Allahumma inni a’udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik

Artinya: Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri

Sama dengan doa setelah salat tarawih, doa setelah salat witir ini merupakan doa di bulan puasa yang diucapkan bersama-sama seluruh jamaah di sebuah masjid. Tepat setelah tahiyat akhir salat witir, imam atau seseorang di barisan depan akan memandu semua jamaah untuk membaca doa setelah salat witir.

Sama dengan doa setelah salat tarawih, kamu bisa menghafalkan doa setelah salat witir ini dengan selalu datang ke masjid dan mendengarkan doa ini dilafalkan bersama-sama. Pada akhirnya kamu bisa hafal juga dan bisa mengucapkannya bersama-sama. Jadi dengan menghafal salah satu doa di bulan puasa ini, kamu tidak perlu terdiam lagi saat pembacaan doa ini.

Dengan mengenal doa doa di bulan puasa ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓