Sukses

Awas, Kurang Vitamin C Bikin Tubuh Lemas Saat Puasa

Tak pernah melewatkan sahur tapi tubuh terasa lemas. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Tak pernah melewatkan sahur tapi tubuh terasa lemas. Kenapa ya? Bila Sahabat Liputan6.com mengalami hal itu, bisa jadi penyebabnya karena tubuh kekurangan asupan vitamin C.

Vitamin yang satu ini sebetulnya bisa didapat dari asupan buah sehari-hari, seperti dari buah jeruk yang dikonsumsi langsung atau dijadikan jus tanpa tambahan gula.

Selain itu, langkah mudah lain yang bisa dilakukan untuk mendapat asupan vitamin C adalah dengan mengonsumsi suplemen. 

Mengapa tubuh perlu asupan suplemen seperti vitamin C yang cukup di bulan puasa? 

"Saat puasa, kita makan lebih sedikit, dan kalori yang masuk juga sedikit. Perlu multivitamin untuk mengkompletkan vitamin yang kurang setiap hari. Saat asupan vitamin dan mineralnya komplet, tubuh kita (bisa) aktif dan tidak lemas," ungkap Spesialis Gizi Rachel Olsen dari Youvit for Life pada Health-Liputan6.com.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat vitamin C

Pada orang dewasa maupun anak-anak, vitamin C bisa membantu memproduksi kolagen yang bagus untuk kesehatan tulang, gigi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, kata Rachel, vitamin C juga membantu proses penyerapan zat besi. Jadi, ada baiknya menambahkan asupan vitamin C bila kita menyantap bayam dan daging saat sahur atau pun berbuka. Ini akan penyerapan zat besi dari dua sumber makanan tersebut terserap maksimal di tubuh.

"Terlebih buat yang anemia, sebaiknya konsumsi zat besi dengan vitamin C," pesannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.