Sukses

Tips Bebas Sembelit Selama Bulan Puasa

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit di bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta Memang tak semua individu mengalaminya, namun salah satu kondisi yang kerap dikeluhkan ketika bulan puasa adalah sembelit atau sulit buang air besar (BAB). Hal tersebut biasanya terkait dengan kurangnya serat saat sahur dan berbuka.

Saat mengalami kesulitan BAB karena kotoran keras, dr Sepriani Timurtini Limbong dari Klikdokter menyarankan agar tidak boleh terlalu mengejan. Hal itu bisa menimbulkan iritasi serta meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus. Kondisi itu bisa berujung timbulnya wasir.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit di bulan puasa, yakni:

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Anda bisa mengonsumsi ini selama jam tidak berpuasa seperti sahur atau berbuka. Makanan seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran bisa membantu tubuh dalam membentuk feses lebih lunak.

Hindari beberapa makanan yang kurang serat seperti keju, daging, dan makanan yang telah diproses. Konsumsilah makanan berserat dengan bertahap dari sedikit hingga banyak. Ini berguna untuk mencegah saluran cerna terbiasa atau bisa menimbulkan keluhan lambung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olahraga teratur

2. Konsumsi teh daun jati

Alternatif lain adalah Anda bisa mengonsumsi teh daun jati yang mengandung sennosida dan bersifat laksatif alami. Namun, jangan diminum berlebihan atau akan menimbulkan diare, nyeri atau kram perut, dan mual.

3. Olahraga teratur

Aktivitas fisik atau olahraga teratur akan membantu stimulasi pekerjaan usus.

3 dari 3 halaman

Jangan menunda BAB

4. Cukup cairan

Minumlah air ataupun cairan lain dengan jumlah cukup sehingga membantu tinja menjadi lebih lunak.

5. Jangan menunda BAB

Jangan menunda buang air besar apabila terasa

6. Memakai obat laksatif

Jika memang semua hal di atas tidak berhasil, Anda boleh menggunakan cara ini untuk melancarkan pencernaan. Bila semua tidak berhasil, periksakan ke dokter untuk mendalami hal tersebut lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.