Tempat Hiburan Malam Bantul Hanya Wajib Tutup pada Awal Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 08 Mei 2019, 22:40 WIB
Ilustrasi hiburan malam (iStock)

Liputan6.com, Bantul - Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pengusaha tempat hiburan malam dan warung makan di daerah ini agar menyesuaikan jam buka operasional mereka selama bulan Ramadan.

"Kami sudah kirim edaran berkaitan imbauan terutama kepada pengusaha rumah makan sekaligus tempat hiburan supaya mengindahkan beberapa hal kaitannya operasional selama bulan puasa," kata Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta seperti dilansir Antara, Rabu, 8 Mei 2019.

Dalam surat edaran tersebut, Pemerintah Kabupaten Bantul mengimbau agar semua pemilik usaha rumah makan dan minuman serta tempat hiburan termasuk pemilik karaoke tutup total selama dua hari pada awal puasa. Setelah itu, jam operasional seluruh usaha itu hanya perlu menyesuaikan saja.

"Intinya selama puasa ada dua hari di awal itu semua usaha warung makan dan tempat hiburan tutup total, setelah itu waktu buka operasional menyesuaikan, misalnya pada siang hari tidak diperkenankan buka," katanya.

Dalam surat edaran tersebut diatur khusus usaha tempat hiburan hanya diizinkan beroperasi mulai pukul 21.00 hingga 24.00 WIB. Selain itu, surat edaran juga mengatur larangan membunyikan petasan atau mercon. 

Menurut dia, imbauan jam buka rumah makan dan tempat hiburan saat puasa itu guna menciptakan situasi yang kondusif dan menjaga ketentraman dan ketertiban serta menghormati warga Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Prinsip dari pemkab selama bulan puasa ini berupaya menjaga ketentraman dan ketertiban, kemudian meningkatkan kondusivitas di Bantul untuk menghormati pelaksanaan bulan puasa dan tingkatkan toleransi beragama," katanya.

Selain mengatur jam operasional usaha warung makan dan hiburan, kata dia, perubahan juga terjadi pada jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan, selama Ramadan jam kerja ASN berkurang satu jam per hari, yang biasanya pulang pada pukul 16.00 WIB, maka selama Ramadan pulang pukul 15.00 WIB.

"Kami berharap seluruh ASN dapat mematuhi surat edaran ini dan tidak menjadikan ibadah puasa sebagai alasan menurunkan kinerja," katanya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini: