4 Tips Memilih Kurma yang Sehat dan Segar, Perhatikan Warnanya

Oleh Husnul Abdi pada 10 Mei 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2019, 17:00 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Tips memilih kurma sebenarnya sangat sederhana. Kurma merupakan salah satu buah yang sangat populer dikonsumsi saat bulan puasa. Apalagi dengan rasanya yang sangat manis, membuat semua orang menyukai kurma.

Kurma banyak dikonsumsi saat bulan puasa karena buah satu ini merupakan salah satu makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi lebih dulu saat berbuka puasa. Oleh karena itu, kurma sangat banyak bertebaran di mana-mana dan menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi saat Ramadan.

Dengan banyaknya kurma yang dijual di pasar, maka kamu wajib mengetahui tips memilih kurma yang baik dan segar. Apalagi banyak jenis kurma yang dijual oleh pedagang membuat kamu harus pandai dalam memilih kurma yang sehat dan segar.

Maka dari itu, kamu wajib mengatahui tips memilih kurma agar mendapatkan semua manfaat yang dimiliki buah tersebut. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang tips memilih kurma, Rabu (8/5/2019).

2 dari 5 halaman

1. Tampilan Fisik Kurma

Tips memilih kurma pertama adalah memperhatikan tampilan fisik kurma. Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan kurma tidak akan menjadi lengket ataupun keras.

Kurma yang basah atau lengket tersebut biasanya telah ditambahkan dengan pemanis seperti madu atau sirup gula. Jadi untuk mendapatkan kurma yang sehat dan segar, kamu harus benar-benar memperhatikan salah satu tips memilih kurma ini.

Selain itu, kamu juga harus menghindari memilih kurma yang kulitnya sudah mengerut karena itu menandakan bahwa kurma sudah lama tersimpan. Jadi, tips memilih kurma yang pertama bisa dipraktikkan dengan memilih kurma yang tidak terlalu lengket atau basah. Namun juga tidak terlalu kering dan mengerut. Pilih yang kulit arinya masih menempel dengan baik.

3 dari 5 halaman

2. Perhatikan Warna

Makanan Buka Puasa
Perbesar
Kurma / Sumber: iStockphoto

Tips memilih kurma yang kedua adalah dengan memperhatikan warnanya. Umumnya kurma memiliki warna merah, kuning, dan coklat hingga kehitaman.

Dengan mengetahui ini, kamu akan mudah memilih kurma yang bagus. Cukup dengan melihat kurma yang warnanya merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

Bila sudah menemukan kurma dengan ciri-ciri tersebut, berarti kurma itu adalah kurma yang masih segar dan sehat. Kadang ada jenis kurma yang memang warnanya hitam, namun bila tampilan fisiknya sudah tidak bagus, berarti buah tersebut sudah tidak segar lagi.

4 dari 5 halaman

3. Perhatikan Kemasan dan Tempat Penjual

Tips memilih kurma selanjutnya adalah bila membeli kurma berbentuk kemasan. Kamu harus memilih kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, bila ingin memilih kurma yang tidak menggunakan kemasan, kamu harus memastikan bagaimana kondisi tempat penjualannya. Pastikan kurma yang akan kamu beli tidak terkontaminasi debu serta kotoran dan disimpan dengan baik.

5 dari 5 halaman

4. Ukuran Kurma

Ilustrasi kurma (sumber: istockphoto)
Perbesar
Ilustrasi kurma (sumber: istockphoto)

Banyak orang yang menganggap ukuran kurma bukanlah hal penting dalam memilih kurma yang sehat dan segar. Padahal memperhatikan ukuran merupakan salah satu tips memilih kurma yang sangat penting.

Dengan memperhatikan ukuran kurma, kamu jadi mengetahui berapa banyak kandungan gula yang dikandung oleh buah kurma tersebut. Jadi dengan mengetahui rata rata ukuran kurma, kamu bisa membatasi konsumsi kurma yang dianjurkan.

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Kamu harus membatasi konsumsi kurma supaya jangan sampai melebihi 40 gram setiap harinya. Karena itulah batas pemenuhan kebutuhan gula harian pada setiap orang.  

Lanjutkan Membaca ↓