Sukses

Toyota Avanza Masih Jadi Primadona untuk Rental Mobil

Mobil multi purpose vehicle (MPV) masih menjadi incaran penyewa mobil untuk mudik Lebaran. Artinya, mobil yang mampu menampung hingga tujuh penumpang ini menjadi andalan para pengusaha rental mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil multi purpose vehicle (MPV) masih menjadi incaran penyewa mobil untuk mudik Lebaran. Artinya, mobil yang mampu menampung hingga tujuh penumpang ini menjadi andalan para pengusaha rental mobil.

Dijelaskan Nurkim, salah satu pemilik penyewaan mobil PT Cililitan Utama Jaya (CUJ), untuk model yang spesifik menjadi andalan di tempatnya, adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Kami melihatnya, jika memang untuk disewakan harus lihat (model) yang harga jualnya yang tidak jatuh. Nah, kenapa tetap dari Toyota, karena itu tadi harga jualnya masih bagus," jelas pria yang akrab disapa Nunuk saat ditemui di kantornya, Jalan Dewi Sartika, Nomor 15A RT 001 RW 013, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019).

Lebih lanjut Nunuk mencontohkan, jika membeli mobil untuk disewakan, dengan sistem kredit tiga tahun. Dengan harga misalkan, Rp 170 jutaan, dengan jalan bisnis penyewaan mobil, selama 1,5 tahun sudah ada dana untuk mengembalikan modal DP.

"Jika mau berhenti bisnis dan jual mobil, harga jualnya masih ada keuntungan. Minimal, dapat DP dengan keuntungan sedikit. Contohnya, jika DP Rp 30 juta, saat menjual dan melunasi, masih ada keuntungan. Itu sudah terbukti," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selain dari harga jual, jika menggunakan Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia, gampang mencari spare part untuk melakukan perawatan atau saat terjadi masalah.

Sementara itu, menurut Andrews Car Rental, Andre Tan. Mobil keluarga disewa karena kapasitas yang lapang. Bahkan untuk mudik lebaran, mobil MPV banyak diincar konsumen.

"Margin mobil keluarga lebih besar daripada mobil mewah. Jika dihitung total setahun bisa 11 bulan mobil keluarga keluar (disewa),” ungkap Andre saat ditemui Liputan6.com di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lain halnya dengan mobil mewah, seperti halnya Toyota Alphard. Meski sama-sama mobil keluarga, namun konsumen lebih jarang memilih Alphard. Selain selera, harga sewa mobil Toyota Alphard memang lebih mahal.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Andre sendiri tak menampik bahwa mobil keluarga sewaannya yang paling diminati adalah Toyota Avanza. Bahkan, meski ada sejumlah mobil model terbaru Toyota Avanza tetap dicari.

“Mitsubishi Xpander bagus, cuma yang cari sewaktu awal-awal meluncur karena mereka ingin coba, sekarang –sekarang Toyota Avanza lagi," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini