Sukses

Sanggara Balanda, Makanan Berbuka Orang Bugis Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Konon dulu pembuatan Sanggara Balanda menggunakan keju dan mentega asin yang dibawa oleh orang-orang Belanda

Liputan6.com, Makassar - Ada banyak menu berbuka puasa berbahan dasar pisang khas dari orang-orang Bugis-Makassar. Salah satu yang menjadi favorit adalah Sanggara Balanda.

Dalam bahasa Bugis, Sanggara berarti pisang goreng, sementara Balanda berasal dari nama negara Belanda. Konon Sanggara Balanda dulunya dibuat pada zaman penjajahan Belanda di Sulawesi Selatan.

"Saya tidak tahu persis ceritanya, namun dulu Sanggara Balanda ini dibuat pakai keju dan mentega yang dibawa oleh orang Belanda, makanya dinamai Sanggara Balanda," kata Maryam Saini, seorang ibu rumah tangga yang diwarisi resep dan cara memasak Sanggara Balanda secara turun temurun dari keluarganya, Rabu (8/5/2019).

 

Hingga kini Sanggara Balanda menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Sanggara Balanda menjadi pilihan karena makanan khas suku Bugis sudah pasti selalu disajikan dalam keadaan segar, sebab Sanggara Balanda bukanlah tipe jajanan yang bisa tahan lama.

"Makannya selalu fresh. Itulah juga kenapa makanan ini tidak banyak dijual di pasar, karena tidak awet. Paling lama tiga hari itu pun ditaruh di lemari pendingin," jelasnya.

Ciri khas Sanggara Balanda yakni penggunaan bahan hanya boleh pisang raja yang benar-benar matang. Pisang lain dianggap tidak cocok karena tidak pas aroma, tekstur, dan rasanya.

"Pisang raja itu kan banyak mengandung gula jadi ada proses karamelisasi saat digoreng. Apalagi pisangnya digoreng dua kali," Maryam menjelaskan.

Setelah digoreng, Sanggara Balanda kemudian dibelah tengahnya dan diberi kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan terlebih dahulu. Sanggara Balanda kemudian disajikan dengan kuah gula yang sebelumnya telah dicairkan.

"Beberapa orang memberi taburan keju di atasnya, kalau saya pribadi tidak terlalu suka," ucapnya.

Kini telah banyak inovasi dari Sanggara Balanda. Ada yang disajikan dengan kuah kental manis ada pula yang disajikan dengan cokelat untuk memperkaya rasanya.

"Ada juga yang pakai kuah gula aren," dia memungkasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep dan Cara Masak Sanggara Balanda

Bahan-bahan :

1 sisir pisang raja

1 genggam kacang tanah tanpa kulit, sangrai, cincang halus secukupnya

Mentega secukupnya

Gula pasir

Putih telur yang dikocok lepas

Sirup gula pasir untuk kuahnya.

Langkah :

1. Campur mentega, gula pasir, kacang tanah

2. Kupas pisang, haluskan seluruh permukaan pisang dengan kulit pisang bagian dalam.

3. Goreng pisang hingga setengah matang.

4. Celup ke kocokan putih telur lalu goreng lagi hingga matang.

5. Belah pisang jangan sampai putus.

6. Isi dengan campuran mentega, gula pasir dan kacang tanah yang dibuat sebelumnya.

7. Lalu siram dengan syrup gula pasir

8. Sirup gula pasir dibikin dengan perbandingan 1:1 (air : gula pasir) lalu dimasak hingga mengental.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.