Sukses

Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di bulan ini, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

“Hai anak Adam, berinfaklah untukku, maka Aku akan berinfak untukmu.” Demikian sebuah hadis menjelaskan keutaaman dari sedekah.

Sedekah adalah sumber kekayaan. Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi dermawan. Selain itu, kedermawanan juga merupakan sifat Allah SWT. Hal ini sebagaimana diiinformasikan dalam hadis.

 

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Namun demikian, sedekah yang paling afdal adalah sedekah di bulan Ramadan. Karena itu, umat Islam dianjurkan berlomba-lomba mengeluarkan zakat dan sedekah di bulan ini. Misalnya, zakat maal dikeluarkan di bulan Ramadan sangat baik sekali. Selain itu, ada juga zakat fitrah yang dikeluarkan sebelum Idul Fitri.

Pelit dan kikir bukanlah sifat umat muslim. Selain itu, Allah lebih menyukai orang yang suka memberi dibandingkan dengan yang suka meminta-minta. Hal ini sesuai dengan hadis.

‏اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dahsyatnya sedekah

Sedekah yang paling utama adalah memberi makan dan minum orang lain. Pahala yang paling besar adalah membuka puasakan orang lain. Karena itu, berlomba-lombalah dalam meraih pahala membukapuasakan orang lain, meski hanya dengan segelas air. Sebab, pahala orang yang memberi makan dan minum orang berpuasa, sama seperti dengan berpuasa seharian.

Berikut 6 keutamaan sedekah seperti dikutip dari Muslim.or.id

  1. Sedekah dapat menghapuskan dosa
  2. Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir
  3. Sedekah memberi keberkahan pada harta
  4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
  5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dapat dimasuki bagi orang-orang yang bersedekah
  6. Sedekah menjadi bukti keimanan seseorang
  7. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur
  8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual beli
  9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia.
  10. Pahala sedekah terus berkembang
  11. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka
  12. Boleh iri terhadap orang yang dermawan bersedekah 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.