Rahasia Tetap Bugar Saat Jalani Puasa Ramadan

Oleh Devira Prastiwi pada 13 Mei 2019, 12:45 WIB
Diperbarui 14 Mei 2019, 20:13 WIB
Buka Puasa di Pakistan

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani puasa Ramadan pastinya memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat awal-awal puasa, tubuh kita masih beradaptasi untuk menjalankannya.

Tubuh loyo dan lemas lantaran baru beradaptasi menjalankan ibadah puasa, tidak menjadi alasan untuk tak memperhatikan penampilan kita.

Saat puasa Ramadan, kita tetap bisa tampil cantik dan bugar. Pastinya, tidak dengan cara yang berlebihan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap prima saat Ramadan.

Pertama, jangan pernah mengabaikan sahur. Sahur sangatlah penting agar tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian.

Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama Anda menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Menu sahur yang sehat sebaiknya mengandung protein dan serat, sehingga mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama.

Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang, dan susu. Kemudian, serat bisa didapat dari buah dan sayuran.

Hindari menu sahur berupa goreng-gorengan, kuah bersantan, dan makanan berlemak. Selain tidak sehat, makanan tersebut juga bisa membuat cepat haus saat menjalankan ibadah puasa.

 

2 of 3

Tips Selanjutnya

20160913 Gosok Gigi
Ilustrasi Foto Membersihkan dan Menggosok Gigi (iStockphoto)

Tips kedua, usahakan tidak kembali tidur usai salat Subuh. Keluarlah dari rumah dan hirup udara dalam-dalam untuk mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan otak.

Cahaya matahari sangat kaya akan vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Manfaat lain adalah untuk merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa meningkatkan mood baik.

Tips terakhir adalah menjaga kesegaran dan kebersihan mulut. Tetaplah menggosok gigi saat berpuasa. Sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan menjadi plak jika tidak dibersihkan.

Menggosok gigi akan membuat gigi terlihat putih dan bersih, mengatasi bau mulut, serta meningkatkan kepercayaan diri. Tambahkan obat kumur bila diperlukan.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓