Sukses

Uni Emirat Arab Berlakukan Parkir Malam Gratis Selama Ramadan

Selama malam pada bulan suci Ramadan, Uni Emirat Arab memberlakukan parkir gratis di banyak tempat umum.

Liputan6.com, Dubai - Setiap kali memasuki bulan suci Ramadan di Uni Emirat Arab (UEA), khususnya Dubai, tempat parkir menjadi rebutan banyak orang selepas matahari terbenam.

Penampakan lahan parkir yang penuh ini umumnya terjadi berbagai masjid dan pusat perbelanjaan, di mana umat Muslim berbondong-bondong menunaikan ibadah berjamaah, dan kemudian dilanjutkan dengan agenda buka bersama.

Menanggapi hal tersebut, sebagaimana dikutip dari Time Out Dubai pada Selasa (7/5/2019), Otoritas Jalan dan Transportasi (RTA) setempat mengumumkan pemberlakukan parkir gratis hampir setiap malam di bulan Ramadan, mulai pukul 18.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Kebijakan itu berlaku pada periode Sabtu hingga Kamis setiap pekannya, dan berlanjut pada tengah malam hingga pukul 08.00 pagi waktu setempat, khusus wilayah pusat kota.

Tidak hanya berlaku di area parkir umum, kebijakan terkait juga diberlakukan di berbagai pusat komersial di seantero ibu kota dengan peraturan yang disesuaikan.

Namun, kebijakan parkir gratis itu tidak berlaku pada hari Jumat atau libur nasional selama bulan suci Ramadan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Serupa pada Sekolah

Selama periode tersebut, pengaturan waktu parkir gratis juga akan berubah untuk sekolah-sekolah di Dubai, yakni antara pukul 08.00 hingga 08.30 pagi, dan berakhir antara pukul 13.00 hingga 13.30 siang.

Selain itu, para siswa akan mendapat jatah istirahat lebih singkat, sehingga kemudian dipastikan bahwa lama waktu di sekolah tidak lebih dari lima jam per hari.

Sedangkan bagi karyawan, baik negeri maupun swasta, diperpendek dua jam, kata Kementerian Sumber Daya Manusia UEA.

Kebijakan tersebut diberlakukan khusus selama bulan suci Ramadan.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Serupa Berlaku di Abu Dhabi

Sementara itu, setelah Dubai dan Sharjah, Abu Dhabi turut memberlakukan kebijakan serupa selama bulan suci Ramadan.

Di ibu kota UEA itu, parkir berbayar hanya berlangsung pada pukul 09.00 hingga 14.00 siang, dan untuk malam berlaku pada rentang pukul 21.00 hingga 02.30 dini hari waktu setempat.

Selebihnya, menurut Pusat Transportasi Terpadu Abu Dhabi (Mawaqif), area parkir akan dibebaskan dari biaya, demikian sebagaimana dikutip dari Khaleej Times pada Selasa 7 Mei.

Sama seperti kota-kota besar lainnya di UEA, kebijakan parkir gratis tiak berlaku pada hari Jumat dan libur nasional.

Ditambahkan oleh Mawaqif, bagi mereka yang melaksanakan salat Tarawih, kendaraannya dapat diparkir tanpa biaya selama proses ibadah, asalkan tidak tidak menghalangi kendaraan lain atau mengganggu arus lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini