6 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Ini Harus Dihindari, Jangan Sampai Menyesal

Oleh Husnul Abdi pada 09 Mei 2019, 03:45 WIB
Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Liputan6.com, Jakarta Hal yang mengurangi pahala puasa harus kamu ketahui sebagai umat Islam. Tentunya bila kamu belum mengetahuinya, maka ibadah puasa yang kamu jalankan tidak akan pernah mendapatkan pahala dan manfaat yang maksimal.

Bila kamu belum mengetahui hal yang mengurangi pahala puasa, rasanya kamu masih belum serius dalam menjalankan salah satu rukun Islam ini. Padahal di bulan Ramadan ini, begitu banyak pahala yang bisa kamu dapatkan, khususnya dari menjalankan ibadah puasa.

Oleh karena itu, kamu wajib memahami berbagai hal yang mengurangi pahala puasa supaya bisa menjalanakan puasa dengan maksimal dan tidak sia-sia. Selain bisa menjaga pahala yang didapatkan dari berpuasa, kamu juga bisa lebih fokus dan tenang dalam menjalankan puasa setiap harinya di bulan Ramadan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang hal yang mengurangi pahala puasa dari berbagai sumber, (7/5/2019). 

2 of 4

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Ilustrasi Orang Marah
Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

1. Marah

Hal yang mengurangi pahala puasa yang pertama adalah marah. Seperti yang kamu tahu, marah adalah penanda bahwa seseorang tiak bisa menahan hawa nafsunya.

Bahkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sangat tidak menyukai orang yang sering marah-marah. Kecuali bila kamu marah karena adanya maksiat yang terjadi di sekitarmu.

Marah akan menyebabkan kamu melakukan hal yang mengurangi pahala puasa lainnya seperti mengatakan kata-kata kotor. Jadi bila kamu sudah marah dan mengatakan kata-kata kotor, sama saja dengan mengurangi banyak pahala berpuasamu. Karena salah satu makna berpuasa adalah menahan hawa nafsu yang tentunya marah termasuk ke dalamnya. Balasan untuk orang orang yang dapat menahan marah adalah surga di akhirat kelak.

2. Berbicara Kotor atau Tidak Ada Manfaatnya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu hal yang mengurangi pahala puasa mengikuti marah adalah berbicara kotor atau berbicara yang tidak ada manfaatnya.

Berbicara kotor tidak terbatas kepada kata kata kotor saja, namun juga bisa berkembang menjadi bergosip yang tidak ada gunanya, serta berbicara kotor yang tidak sepatutnya. Daripada melakukan hal yang mengurangi pahala puasa satu ini, lebih baik kamu gunakan lisan untuk membaca Al-Qur’an supaya menambah pahala puasa kamu.  

3 of 4

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

tidur seharian
tidur seharian (Foto: unsplash.com)

3. Berbohong

Berbohong tentunya menjadi salah satu hal yang mengurangi pahala puasa yang kamu jalankan. Berbohong saja sudah dilarang dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya akan mendapatkan dosa bila kamu berbohong.

Berbohong diharamkan dalam kondisi apapun. Bahkan berbohong tidak hanya menjadi hal yang mengurangi pahala puasa, tetapi juga bisa membatalkan puasa.

Perbuatan-perbuatan seperti sumpah palsu, kesaksian palsu, bahkan korupsi merupakan beberapa contoh berbohong yang levelnya lebih tinggi. Maka dari itu, kamu tidak boleh berbohong baik ketika sedang berpuasa di bulan Ramadan maupun di hari-hari lainnya.

Berbohong sangat merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena itulah perbuatan berbohong juga akan mendapatkan banyak dosa.

4. Tidur Sepanjang Hari

Sebenarnya tidur merupakan hal yang baik dan merupakan salah satu ibadah di saat bulan puasa. Namun bukan berarti kamu harus tidur sepanjang hari dan hal itu tetap dihitung sebagai ibadah.

Sebaliknya, bila kamu hanya tidur-tiduran sepanjang hari di bulan Ramadan merupakan salah satu hal yang mengurangi pahala puasamu. Apalagi bila kamu tidak menjalankan ibadah wajib karena tidur di bulan puasa. Puasamu malah akan batal karenanya.

Tidur yang merupakan ibadah di bulan puasa adalah tidur dengan kurang lebih 5 menit saja untuk menghindari hal yang mengurangi pahala puasa lainnya seperti menggunjing. Maka dari itu, bukan berarti kamu harus tidur-tiduran sepanjang hari dan melupakan shalat dan membaca Alquran.

4 of 4

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Gosip
Ilustrasi gosip. (cbc.ca)

5. Melihat Lawan Jenis dengan Hawa Nafsu

Tentunya melihat lawan jenis dengan hawa nafsu merupakan salah satu hal yang mengurangi pahala puasa. Ibadah puasa sendiri memiliki arti untuk menahan hawa nafsu, maka tentu saja hal ini merupakan hal yang mengurangi pahala puasa dan bahkan bisa membatalkan puasa.

Tidak hanya langsung, tapi bila kamu memandang lawan jenis dari smartphonemu melalui gambar atau video, maka pahala puasamu juga akan berkurang.

Maka dari itulah, kamu harus menjaga mata yang memang berfungsi untuk melihat. Melihatlah hanya pada yang baik baik saja, jangan sampai puasa kamu jadi rusak hanya karena memandang hal hal yang tidak harus dilihat, terutama di bulan puasa ini.

6. Bergunjing atau Bergosip

Bagi kamu yang suka nongkrong dan bergunjing atau bergosip, kamu harus menghindarinya sejak dari sekarang. Bergunjing atau bergosip merupakan salah satu hal yang mengurangi pahala puasa. Selain itu, bergunjing juga merupakan perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah SWT.

Bergosip bahkan tidak hanya mengurangi pahala puasa kamu, bahkan bisa membatalkan puasa. Jadi kamu tidak hanya dilarang untuk bergunjing ketika bulan Ramadan saja, namun juga termasuk di bulan bulan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓