Sukses

5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki di Bulan Ramadan

Inilah beberapa aplikasi seru untuk kegiatan puasa di bulan Ramadan semakin asyik.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya aplikasi  mobile membuat kegiatan puasa saat Ramadan menjadi lebih mengasyikkan.

Selain aplikasi untuk membantu beribadah, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu bangun tepat waktu saat sahur, hingga menunggu waktu berbuka.

Berikut beberapa aplikasi agar kegiatan puasa di bulan Ramadan ini semakin seru dan asyik.

1. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting termasuk jajaran aplikasi yang wajib ada di smartphone sebelum bulan puasa. Bukan hanya untuk mengobrol, aplikasi chatting seperti WhatsApp dan LINE juga bisa digunakan untuk menggali dan berbagi informasi.

Kamu bisa memanfaatkan fitur WhatsApp atau LINE Today, untuk mendapatkan informasi sekaligus saling mengirim pesan dengan teman-teman atau keluarga.

2. Aplikasi media sosial

Tidak ada salahnya menggunakan media sosial, selama bisa mengatur waktu dan kegunaannya, termasuk saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa mendapatkan beragam informasi menarik di media sosial, seperti aplikasi Facebook, Twitter dan Istagram.

Selain mendapatkan informasi, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang. Pasalnya, banyak produsen biasanya melakukan program bagi-bagi THR dengan memanfaatkan media sosial.

Kendati demikian, kamu harus bisa mengontrol aktivitas di media sosial. Setidaknya, jangan membuat ujaran kebencian atau menghina unggahan orang lain di media sosial, yang akan mengurangi pahala di bulan puasa. Kamu juga harus mengaplikasikan hal ini di kehidupan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Alarm dan Pengeditan Foto

3. Aplikasi alarm

Aplikasi alarm merupakan salah satu produk digital yang harus dimiliki, terutama saat Ramadan. Salah satunya berfungsi untuk membantu kamu agar tidak melewatkan waktu sahur. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu latihan agar terbiasa bangun untuk sahur.

4. Aplikasi pengeditan foto

Bagi kamu yang suka berburu foto, maka sebaiknya unduh aplikasi pengeditan foto seperti Snapseed atau VSCO. Aplikasi pengeditan memiliki beragam fitur menarik untuk membuat foto kamu semakin bagus.

Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengedit foto. Kemudian, hasil kreasi tersebut bisa diunggah ke media sosial.

3 dari 3 halaman

Aplikasi untuk Ibadah

5. Aplikasi untuk memperlancar ibadah

Salah satu aplikasi yang bisa membuat aktivitas saat Ramadan kian bermanfaat adalah Muslim Pro. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fungsi, seperti Adzan saat waktu salat, petunjuk arah kiblat dan ayat Al-Qur'an. Kamu bisa menggunakannya kapan dan di mana pun.

Selain Muslim Pro, ada berbagai aplikasi serupa lainnya di App Store dan Google Play Store. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.