Sukses

Simak 8 Tempat Asyik untuk Ngabuburit di Jakarta

Jakarta punya banyak tempat asyik untuk ngabuburit dan menunggu azan Magrib. Berikut delapan di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta Ngabuburit, istilah yang satu ini pasti sudah tak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Istilah tersebut selalu muncul bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Ngabuburit merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa seperti mengaji, mendengar ceramah, mencari takjil, atau sekadar jalan-jalan di sore hari.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tempat yang asyik untuk ngabuburit, tak terkecuali Ibu Kota Jakarta. Tak sulit untuk menemukan tempat yang bagus dan asyik untuk menghabiskan waktu selama menunggu berbuka puasa.

Tempat-tempat tersebut menjadi incaran warga Jakarta maupun pendatang untuk dikunjungi dalam rangka ngabuburit bersama teman maupun keluarga. Liputan6.com merangkum delapan tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat ngabuburit :

1. Kota Tua Jakarta

Kawasan yang dibangun sejak zaman Belanda ini memang dikenal tak pernah sepi pengunjung. Kota yang dihiasi oleh bangunan-bangunan Belanda menambah estetika dari tempat bersejarah ini. Disini, kalian dapat menunggu waktu berbuka puasa dengan berfoto di sekitar kawasan Kota tua.

Selain bangunan-bangunan Belanda, Kota Tua juga memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat dikujungi saat ngabuburit seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Musemu Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, dan lain sebagainya.

Selain berfoto, Anda juga bisa mengendarai sepeda ontel yang disewakan di depan Gedung Museum Fatahillah. Anda juga dapat duduk-duduk santai atau mencari jajanan yang ada di sekitar kawasan Kota Tua untuk berbuka puasa.

Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk masuk ke kawasan Kota Tua Jakarta. Namun, Anda akan dikenai tarif tertentu apabila memasuki objek wisata yang disediakan.

2. Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk menunggu azan Magrib tiba. Ikon dari Ibu Kota Jakarta ini menyediakan pemandangan yang indah yang dapat dilihat dari lantai teratas.

Selama Ramadan, akan diadakan beberapa hiburan seperti panggung senja dan air mancur menari yang dilaksanakan setiap akhir minggu.

Jam operasional Monas yang awalnya hingga pukul 10 malam, akan berganti hanya sampai pukul enam sore selama Ramadan. Hal ini diketahui untuk menghormati karyawan serta pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah salat tarawih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masjid Istiqlal

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi saat ngabuburit.

Beragam aktivitas dapat Anda lakukan di Masjid ini seperti membaca Alquran, salat, atau sekadar berdiam diri.Selain menghabiskan waktu, Anda juga dapat mengumpulkan pahala selama bulan Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat saat ngabuburit.

Masjid istiqlal juga menyediakan dapur umum untuk memasak makanan yang akan disiapkan untuk berbuka puasa. Setiap tahun, masjid ini memang dikenal selalu menyediakan ratusan hingga ribuan makanan untuk berbuka bagi jemaah yang datang.

4. Pasar Santa

Pasar Santa yang dikenal sebagai salah satu pasar yang menjajakan kuliner unik di Jakarta dan menjadi salah satu destinasi ngabuburit yang tepat.

Pasar yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ini menyediakan beragam makanan lezat yang dapat dibeli untuk berbuka puasa. Anda dapat menemukan berbagai macam takjil hingga makanan berat dengan harga yang tidak menguras isi kantong. Para pedagang pasar santa mulai menjajakan dagangannya pukul tiga sore saat Ramadan.

5. Gelora Bung Karno

Bulan puasa bukan halangan untuk melakukan kegiatan berolahraga. Anda dapat menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa dengan aktivitas yang menyehatkan badan ini.

Berlari menjadi salah satu jenis olahraga yang pas untuk dilakukan saat puasa. Anda dapat berlari di Kawasan Gelora Bung Karno. Kawasan ini memang dikenal dijadikan kawasan olahraga oleh warga Jakarta.

Selain mendapatkan pahala dengan berpuasa saat Ramadan, Anda juga mendapatkan badan yang fit meski tengah berpuasa.

 

3 dari 3 halaman

Pantai Ancol

6. Taman Menteng

Selain GBK, anda dapat melakukan kegiatan olahraga di Taman Menteng. Taman ini menyediakan beragam fasilitas olahraga seperti lapangan futsal, lapangan basket, alat olahraga, dan tempat bermain anak.

Taman yang tertata rapi dan indah menjadikan Taman Menteng sebagai salah satu destinasi ngabuburit favorit warga Jakarta. Disini Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, dan orang terdekat lainnya.

7. Pasar Bendungan Hilir

Tak lengkap rasanya apabila tidak menghabiskan waktu ngabuburit di Pasar Benhil, Jakarta Pusat. Pasar ini dikenal selalu menyediakan kuliner yang lezat dengan harga yang relatif terjangkau.

Setiap menjelang waktu berbuka, Pasar Benhil menjajakan makanan seperti gorengan, dimsum, makanan berat, berbagai macam minuman, dan lain sebagainya. Pasar ini pun dikenal tak pernah sepi pengunjung.

8. Pantai Ancol

Destinasi ngabuburit lainnya yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Ancol. Tempat ini menjadi kawasan yang tepat untuk didatangi bersama keluarga. Anda dapat menghabiskan waktu di Beach Pool atau Pantai Lagoon yang aman bagi anak-anak. Di sana, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah dan suara deburan ombak sambil menunggu waktu berbuka.

 

Penulis : Firda Khairunnisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.