Sukses

Agar Aman Puasa Ramadan, Ibu Hamil Harus Perhatikan Hal Ini

Ibu hamil tetap bisa berpuasa di bulan Ramadan apabila memperhatikan beberapa hal berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Meski tidak diwajibkan berpuasa saat Ramadan, beberapa ibu hamil seringkali ingin tetap melaksanakan ibadah puasa. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan menurut dokter, ketika seorang ibu yang masih mengandung tetap ingin berpuasa.

Beberapa penelitian memang menunjukkan ada hubungan antara puasa dengan ibu hamil. Salah satunya studi di 2014, menemukan bahwa berat badan bayi yang lahir dari ibu berpuasa di trimester pertama, lebih rendah 272 gram daripada yang tidak melakukannya.

"Karena trimester satu itu adalah periode pembentukan organ-organ tubuh. Sehingga nutrisi harus dipenuhi di trimester satu." kata Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik 

Di sisi lain, penelitian yang dilakukan oleh JD Glazier di 2018, menyatakan bahwa puasa Ramadan tidak memberikan efek mengkhawatirkan pada ibu dan janin. Meski begitu, perlu penelitian lanjutan untuk menegaskan tentang hal ini.

"Jadi ini masih dua sisi, tetap perlu diteliti lagi lebih lanjut," kata Juwalita mengatakan. Namun, bukan berarti ibu hamil tidak bisa berpuasa.

Juwalita mengatakan bahwa jika seorang ibu yang mengandung ingin melakukan puasa, bicarakan terlebih dulu dengan dokter sebelum melakukannya. Namun, memang ada waktu yang aman bagi mereka untuk berpuasa.

"Sebetulnya yang aman, trimester dua dan tiga. Kalau trimester satu hanya kalau kondisinya memungkinkan artinya tidak ada keluhan," kata Juwalita dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu yang lalu, ditulis Kamis (2/5/2019). Jika sudah disetujui oleh dokter, maka ibu hamil boleh berpuasa.

 

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu Hamil dengan Kondisi Tertentu

Selain itu, status gizi ibu juga harus baik. Saat konsultasi dengan dokter, biasanya dia akan diberi pertanyaan juga seputar berat badan hingga indeks massa tubuh. Di sini, status gizinya bisa terlihat.

"Karena waktu puasa, tubuh memakai cadangan energi. Jadi status gizi yang baik mencerminkan cadangan energi yang cukup," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Jakarta ini.

Ada beberapa kondisi yang terkadang menyertai ibu hamil yang ingin berpuasa. Salah satunya adalah memiliki penyakit seperti diabetes atau hipertensi. Untuk mereka yang punya masalah tersebut, diminta untuk tidak berpuasa.

"Tentu saja, itu semua harus konsultasi dulu dengan dokternya. Tanya ke ob-gyn, memungkinkan tidak untuk berpuasa," kata Juwalita menegaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.