Infrastruktur Mendukung, Menhub Optimistis Mudik Lebaran 2019 Makin Baik

Oleh Nafiysul Qodar pada 07 Mei 2019, 11:34 WIB
Pencapaian Kinerja 4 Tahun Kemenhub

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi menyambut persiapan arus mudik Lebaran Idulfitri 2019. Budi Karya optimistis arus mudik lebaran tahun ini akan semakin baik.

"InsyaAllah mudik kali ini akan lebih baik. Karena infrastruktur sudah lebih baik dan sangat mendukung," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Budi Karya memperkirakan animo masyarakat melakukan mudik lebaran kali ini lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Infrastruktur yang memadai memungkinkan mudik melalui jalur darat akan tetap menjadi primadona masyarakat.

Dia pun meminta seluruh stakeholder lebih siap melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dalam rangka silaturahmi dan liburan lebaran Idulfitri 2019.

"Mudik darat kali ini masih menjadi konsen. Oleh karenanya, keselamatan di jalan para pemudik juga menjadi perhatian yang khusus," tutur Budi Karya.

Rapat koordinasi angkutan lebaran 2019 ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri, Dirjen Hubdar Budi Setiadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel, Wakapolda DIY Brigjen Bimo Anggoro Seno, serta perwakilan stakeholder terkait.

 

2 of 2

Antisipasi Titik Rawan

Menhub, Budi Karya Sumadi
Menhub, Budi Karya Sumadi (kelima kiri) saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Rabu (24/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansya

Rapat tersebut digelar untuk menyelaraskan konsep maupun strategi penanganan arus lalu lintas Lebaran 2019 di seluruh jalur mudik khususnya wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Rapat koordinasi juga diisi dengan pemaparan singkat sejumlah instansi terkait strategi dan antisipasi penanganan titik rawan kecelakaan, rawan kemacetan, dan rawan bencana alam selama angkutan Lebaran 2019.

"Misi keselamatan menjadi hal penting. Saya harapkan catatan masing-masing sektor, ditindaklanjuti dengan langkah-langkah detail. Saya harap kita dapat melayani masyakarat dengan baik," kata Budi Karya mengakhiri.

 

Lanjutkan Membaca ↓