Sukses

Cara Tetap Bisa Dapat Pahala bagi Wanita Haid Saat Ramadan

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan wanita saat sedang haid ketika Ramadan, yaitu membangunkan sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa saat Ramadan hukumnya wajib bagi setiap umat Muslim di dunia, apabila ia mampu melaksanakannya. Namun, tidak begitu bagi muslimah.

Hal itu lantaran siklus bulanan haid yang pasti datang menghampiri setiap wanita. Dan ketika haid, seorang wanita dilarang untuk melakukan ibadah puasa Ramadan ataupun salat.

Meski begitu, bukan berarti keberkahan tertutup bagi wanita yang terkena haid. Kaum Hawa masih bisa menjalankan ibadah walau sedang haid.

Dalam kitab Hasyiyah Al Qulyubi dijelaskan, kaum Hawa yang mendapatkan haid merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Mereka diganjar pahala seperti yang didapat ketika menjalankan salat di waktu suci.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Jika seorang ahli ibadah jatuh sakit atau safar, ia tetap diberi pahala ibadah sebagaimana ketika ia sehat atau sebagaimana ketika ia tidak dalam safar."

Dikutip dari Islami.co, salah satu ibadah yang bisa dilakukan wanita saat sedang haid, yaitu membangunkan sahur. Membangunkan dan menyiapkan makan sahur juga mendatangkan pahala setara orang berpuasa Ramadan.

Dalam riwayat Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyiapkan Hidangan Buka Puasa

Selain itu, ibadah yang juga bisa dilakukan wanita haid saat Ramadan adalah memberi makan orang yang berbuka puasa. Hal ini seperti tercantum dalam hadis riwayat Tirmidzi.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala dari orang yang berpuasa itu sedikit pun."

Kemudian, mendengarkan Alquran jadi ibadah yang bisa dilakukan wanita haid. Mereka boleh mendengarkan Alquran, berdasarkan hadis dari Aisyah RA.

"Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid dan ia membaca Alquran."

 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.