Sukses

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa, Agar Tetap Percaya Diri

Mengonsumsi buah serta melakukan perawatan tertentu terhadap mulut bisa menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut menjadi masalah yang paling sering dialami oleh setiap orang saat berpuasa. Tidak jarang seseorang menjadi tidak percaya diri dalam berinteraksi dan berbicara dengan orang lain ketika berpuasa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana. Mengonsumsi berbagai jenis buah serta melakukan perawatan tertentu terhadap mulut bisa menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Dengan melakukan beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa ini, kamu bisa kembali percaya diri. Saat berinteraksi di kantor maupun di sekolah, kamu tidak perlu lagi bicara dengan berjauhan atau menutup mulutmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019) ragam cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sikat Gigi dan Kumur dengan Baking Soda

1. Sikat Gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah dengan menyikat gigi. Menyikat gigi setelah sahur bisa mencegah sisa makanan tersangkut di mulut, yang nantinya akan menjadi tempat bakteri berkembang biak. Kamu harus sikat gigi dengan menyeluruh dan menjangkau seluruh bagian mulut, tidak terkecuali sela-sela gigi. Dengan menyikat gigi setelah sahur, kamu bisa menghindari bau mulut.

2. Kumur dengan Baking Soda

Berkumur dengan air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda bisa membuat mulumu terasa lebih segar selama berpuasa. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon, yang dapat menghindarkan kamu dari bakteri yang menyebabkan bau mulut. Dengan cara satu ini, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih percaya diri.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Lidah Serta Konsumsi Buah dan Sayur

3. Bersihkan Lidah

Menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan membersihkan lidah. Jadi semua bagian di dalam mulut memang harus dibersihkan, termasuk lidah. Ketika menyikat gigi, kamu juga harus sekalian membersihkan lidah karena bakteri penyebab bau mulut juga bisa berkembang biak di lidah. Sekarang sudah banyak alat pembersih lidah yang dijual di toko-toko terdekat. Pastikan setiap akan membersihkan lidah, alat pembersih lidahmu harus higienis.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur secara alami juga dapat melindungi gigi dari plak. Kamu bisa mengonsumsi buah pir, jeruk atau lemon, tomat, apel, serta paterseli untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani puasa Ramadan.

4 dari 4 halaman

Teh Hijau dan Hindari Keju

5. Teh Hijau

Teh hijau selain enak juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Dengan kandungan zat antioksidan, teh hijau bisa meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan dapat menghilangkan plak dari gigi. Dengan konsumsi teh hijau, kamu bisa menjalani aktivitas saat berpuasa denga percaya diri tanpa takut dengan bau mulut lagi.

6. Jangan Makan Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang paling wajib kamu hindari saat berpuasa. Hal ini disebabkan akrena keju dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap pada mulut kamu. Namun bila kamu sudah terlanjur mengonsumsi keju, kamu dapat mengatasi bau mulut nantinya dengan mengulum seiris lemon yang ditambah dengan garam. Setidaknya kamu harus mengurangi konsumsi keju bila tidak mau repot berhubungan dengan bau mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini