Sukses

Menag Yakin Tak Ada Sweeping oleh Ormas Selama Ramadan

Lukman meminta agar umat saling menjaga ibadah dengan penuh ridho Allah SWT, dari pada melakukan tindakan yang berpotensi menyebabkan kerawanan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan tak akan ada aksi sweeping di bulan Ramadan ini. Lukman mengaku telah berkomunikasi dengan ormas-ormas di Indonesia agar tak melakukan sweeping dalam bentuk apapun.

"Semuanya sudah kami komunikasikan, seperti juga imbauan dari MUI bahwa setiap kita mari dijaga kesucian bulan Ramadan ini, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kegaduhan atau kerawanan sosial secara umum," kata Lukman di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 5 April 2019.

Kata Lukman, lebih baik sesama umat muslim saling menjaga ibadah dengan penuh ridho Allah SWT. Sehingga, hal-hal yang yang menimbulkan kerawanan dapat dihindari.

"Bulan Ramadan adalah bulan di mana setiap kita diberikan kesempatan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu kita masing-masing. Mari setiap kita saling menghormati. Sehingga tidak melakukan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial," bebernya.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan ke Penegak Hukum

Namun demikian, apabila tindakan razia atau sweeping teradap ormas tetap terjadi, Lukman mengaku menyerahkan hal tersebut ke aparat penegak hukum.

"Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita tidak mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri," pungkas politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. 

 

Reporter: Ronald

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.