8 Ibadah pada Bulan Ramadan yang Merupakan Sumber Pahala bagi Umat Islam

Oleh Husnul Abdi pada 06 Mei 2019, 03:45 WIB
Diperbarui 08 Mei 2019, 03:13 WIB
Ilustrasi Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Ibadah pada bulan Ramadan tentunya bukan hanya berpuasa saja. Walaupun memang ibadah utama di Bulan Ramadan adalah dengan menjalankan puasa. Namun banyak ibadah ibadah lainnya yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini.

Selain itu, melakukan ibadah pada bulan Ramadan juga membuat kamu mendapatkan banyak sekali berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan di bulan lainnya. Dengan begitu istimewanya bulan Ramadan ini bagi umat islam, karena itulah bulan Ramadan selalu dinanti-nantikan kedatangannya tiap tahun.

Tentunya akan sangat rugi bagi orang yang tidak menjalankan ibadah pada bulan Ramadan ini. Pada bulan Ramadan ini, seakan-akan semua aktivitas dan kegiatan baik yang kamu lakukan akan mendapatkan ganjaran pahala. Apalagi kamu melakukan ibadah sunnah, akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat dari Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, (4/5/2019) ibadah pada bulan Ramadan yang merupakan sumber pahala bagi umat Islam.

2 of 5

Berpuasa dan Shalat Malam

Shalat malam
(sumber: iStockphoto)

1. Berpuasa

Tentunya ibadah pada bulan Ramadan yang paling utama adalah Berpuasa. Berpuasa menjadi ibadah yang wajib dilakukan setiap harinya di bulan Ramadan selain Sholat lima waktu yang memang menjadi kewajiban setiap umat muslim setiap harinya di bulan apapun itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya; "Barang siapa yang berpuasa Ramdadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Maulim)

Dengan keutamaan salah satu ibadah pada bulan Ramadan yang paling utama ini, kamu diwajibkan untuk melaksanakan puasa dengan keimanan yang kuat. Selain itu masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang bisa kamu dapatkan dari waktu sahur hingga berbuka ketika berpuasa.

Berpuasa tidak hanya menahan nafsu makan, minum serta kebutuhan biologis lainnya. Kamu juga harus menjauhkan diri dari segala macam maksiat dan dianjurkan untuk selalu bersabar dengan kondisi sekitar. Jadi perbanyaklah amalan kamu di bulan puasa ini agar tidak menjadi umat muslim yang merugi.

2. Shalat Malam

Shalat malam sebagai ibadah pada bulan Ramadan tentunya tidak terbatas kepada shalat Tarawih atau shalat Witir saja, namun bisa juga dengan melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud bahkan tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW walaupun bukan di bulan Ramadan.

Rasulallah SAW Bersabda yang artinya: "Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan Shalat tarawih adalah ibadah pada bulan ramadan yang hukumnya sunnah. Shalat Tarawih dilakukan setelah shalat Isya dan memiliki berbagai keutamaan. Diantara keutamaan tersebut adalah rahmat, maghfirahatau pengampunan dosa, serta pembebasan dari api neraka. Oleh karena itu, kamu akan merugi bila melewatkan ibada pada bulan Ramadan satu ini.

3 of 5

Membaca Al-Qur'an dan Bersedekah

Membaca Al-Qur'an
Membaca Al-Qur'an / Sumber: iStockphoto

3. Membaca Al-Qur’an

Bulan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an tentunya membuat kamu tersadar untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, sebagai mana firman Allah SWT: "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah: 185)

Dengan membaca satu ayat Al-Qur’an, bahkan meski hanya satu huruf kamu sudah mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan untuk melaksanakan salah satu ibadah pada bulan Ramadan satu ini, mengingat manfaatnya tersebut.

Semakin banyak kamu membaca Al-Qur’an maka akan semakin mudah pula kamu mendapatkan rezeki. Semua urusan kamu akan dipermudah oleh Allah dan juga bisa membuat pikiran dan hati kamu menjadi lebih tenang.

4. Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu ibadah pada bulan Ramadan yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Rasulallah SAW Bersabda yang artinya: "Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun." (HR. Ahmad)

Bersedekah di sini tentunya tidak terbatas kepada bersedakah uang di masjid atau kepada fakir miskin saja. Tetapi bisa dengan memberi makan dan menghidangkan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa. Ibadah pada bulan Ramadan satu ini sangat besar pahalanya.

4 of 5

Makan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

makan sahur
makan sahur (Ilustrasi: iStockphoto)

5. Makan Sahur

Ibadah pada bulan Ramadan lainnya adalah makan sahur.

Rasulallah SAW bersabda yang artinya: "Lakukanlah santap sahur, karena dalam santap sahur terdapat keberkahan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan ibadah pada bulan ramadan satu ini sebelum berpuasa pada hari itu. Kamu tentunya akan lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa dengan makan sahur, dan menambah keikhlasan juga. Dalam kesehatan, makan sahur dapat menghindarkan kamu dari penyakit diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu berhasilnya program diet kamu.

6. Menyegerakan Berbuka

Tentunya berbuka puasa adalah satu hal yang paling dinanti-natikan ketika kamu menjalankan puasa. Menyegerakan berbuka pun adalah salah satu ibadah pada bulan Ramadan.

Rasulallah SAW Bersabda yang artinya: "Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari)

Kita dianjurkan untuk segera berbuka setelah adzan maghrib dikumandangkan. Tentunya kamu juga harus mengontrol diri untuk tidak makan terlalu banyak yang hanya akan merugikan nantinya.

5 of 5

Umrah dan Zakat Fitrah

Ilustrasi Umrah
Umrah (Shazrul Edwan / Shutterstock.com)

7. Melaksanakan Ibadah Umrah

Selain itu, bagi kamu yang mampu, usahakanlan untuk melaksanakan umrah pada bulan Ramadan. Karena ibadah pada bulan Ramadan satu ini sangat besar pahalanya.

Rasulallah SAW Bersabda yang artinya: "Umrah pada bulan Ramadan sama pahalanya seperti melakukan haji."

Saking besarnya pahala melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan, pahalanya sama seperti melaksanakan ibadah haji. Walaupun begitu, ibadah umrah tidak bisa serta merta menggantikan ibadah haji.

8. Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah bertujuan untuk menyempuranakan dan menambal kesalahan yang kamu lakkan ketika berpuasa di bulan Ramadan.

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu 'anhuma beliau berkata: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari sesia-siaan  dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (hari raya) maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya sedekah di antara sedekah biasa." (HR. Abu Daud)

 

Ibadah di bulan Ramadan selanjutnya adalah tidur. Kamu tidak akan menyangka bahwa pada bulan Ramadan, tidur siang pun membuat kamu mendapatkan pahala. Hal ini karena dengan tidur bisa menghindarkan kamu dari berbagai hal yang membatalkan puasa.

Tapi tentunya jangan sampai ketika berpuasa kamu hanya tidur-tiduran saja. Selain itu ibadah pada bulan Ramadan yang memiliki banyak pahala adalah mengejar malam Lailatul Qadar serta bedoa, berzikir, serta beristighfar kepada Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓